Inspektorat Banyuasin Luncurkan Aplikasi Sultan Dumas, Pengaduan Konsultasi Cukup Gunakan Aplikasi

Inspektorat Banyuasin Luncurkan Aplikasi Sultan Dumas, Pengaduan Konsultasi Cukup Gunakan Aplikasi

Pemkab Banyuasin luncurkan aplikasi Sultan Dumas. --

PANGKALAN BALAI, HARIANBANYUASIN.COM- Pemkab Banyuasin melalui Inspektorat Kabupaten Banyuasin meluncurkan layanan konsultasi dan pengaduan masyarakat secara online yang diberi nama "Sultan Dumas".

Peluncuran ini dilakukan Pj Bupati Banyuasin H Hani Syopiar Rustam SH yang diwakili Sekretaris Daerah Banyuasin Ir H Erwin Ibrahim ST MM MBA IPU di Auditorium Pemkab Banyuasin, Selasa 14 November 2023.

Inspektur Banyuasin, Ir Zakirin SP MM CGCAE mengatakan bahwa aplikasi Sultan Dumas merupakan inovasi yang bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses layanan konsultasi dan pengaduan masyarakat.

BACA JUGA:Waduh ! 96 Jam Listrik Padam di Kecamatan Air Kumbang Banyuasin, Masyarakat Kesal

BACA JUGA:96 Jam Listrik Padam di Air Kumbang Banyuasin, Ternyata Ini Penyebabnya

"Melalui Sultan Dumas, masyarakat tidak perlu lagi datang langsung ke Inspektorat untuk menyampaikan laporan atau pengaduan. Cukup dengan mendownload aplikasi Sultan Dumas di PlayStore masyarakat dapat melakukan konsultasi dan pengaduan secara langsung," ujar Zakirin.

Menurut Zakirin, aplikasi Sultan Dumas memiliki dua fitur utama, yaitu fitur konsultasi dan fitur pengaduan.

Fitur konsultasi dapat digunakan oleh masyarakat untuk mendapatkan informasi atau penjelasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pengawasan dan pengendalian internal pemerintah.

BACA JUGA:Gelapkan Uang Setoran Nasabah Koperasi, Kasir Ini Ditangkap Polisi, Ini Jumlah yang Digelapkan

BACA JUGA:Tutup Jalan Damai dengan Anak Angkat, Siti Marbiah Resmi Lapor Polisi

Sedangkan fitur pengaduan dapat digunakan oleh masyarakat untuk melaporkan dugaan pelanggaran yang terjadi di lingkungan pemerintahan Kabupaten Banyuasin.

Zakirin berharap, dengan adanya Sultan Dumas, masyarakat dapat lebih mudah berpartisipasi dalam mengawasi penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Banyuasin.

"Kami berharap, Sultan Dumas dapat menjadi media yang efektif untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan dan pengendalian internal pemerintah. Terlebih Banyuasin sangat luas yakni daratan dan perairan," kata Zakirin.

BACA JUGA:Hebat ! Banyuasin Raih Penghargaan Kategori Kinerja Penghapusan Kemiskinan Ekstrem tahun 2023

Sumber: