Pimpin Apel Kesiapan Penanganan Karhutla di OKI, Pj Gubernur Sumsel: Semua Elemen harus Terlibat

Pimpin Apel Kesiapan Penanganan Karhutla di OKI, Pj Gubernur Sumsel: Semua Elemen harus Terlibat

Pj Gubernur Sumsel saat mengecek kesiapan personil dalam apel kesiapan penanganan Karhutla di Kantor Bupati OKI, Rabu 11 Oktober 2023.--

KAYUAGUNG, HARIANBANYUASIN.COM - Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni menegaskan bahwasanya dalam penanganan Karhutla harus melibatkan semua elemen.

Hal itu diungkapkan Fatoni disela menjadi inspektur upacara pengarahan penambahan pasokan dan kesiapan peralatan penanganan Karhutla di Kantor Bupati OKI, Rabu 11 Oktober 2023.

"Penanganan karhutla perlu dilakukan bersama-sama, harus terkoordinasi, terkonsolidasi dan semua elemen ikut terlibat bersama-sama mengatasinya," ujar Fatoni.

BACA JUGA:Pemalak di Jalintim Banyuasin Makin Meresahkan, Tak Diberi Uang Pelaku Nekat Kejar Truk

Fatoni juga meminta sinergi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) pun diperkuat untuk mempercepat penanganannya.

Salah satunya dengan menambah personel yang terjun langsung ke lapangan.

Dia memberikan apresiasi pada jajaran Kodam II/Sriwijaya yang menyiapkan tambahan personel TNI sebanyak 350 orang untuk memperkuat dan mempercepat pengendalian Karhutla di Kabupaten OKI.

BACA JUGA:Pemalakan di Jalintim Banyuasin, Diduga Ada Oknum Petugas yang Ikut Serta?

Seluruh pasukan tersebut nantinya akan ditugaskan ke jalur darat untuk pemadaman api.

Sekaligus menyosialisasikan serta mengimbau masyarakat. Termasuk perusahaan untuk tidak membakar saat membuka lahan.

"Dan yang lebih penting penugasan mereka untuk penjagaan di lokasi agar karhutla tidak makin meluas. Kehadiran 350 personel ini diharapkan dapat memperkuat dan mempercepat pengendalian karhutla," kata Fatoni.

BACA JUGA:Buka Lahan dengan Cara Dibakar, 4 Petani di Banyuasin Terancam 12 Tahun Penjara

Dalam kesempatan yang sama, Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil mengatakan 350 personel perbantuan ini diambil dari Batalyon Infanteri (Yonif) 143 Lampung.

Nantinya mereka akan dibekali cairan nusantara 4 bentuk foam dan gel. Selain itu, personel ini akan diletakkan pada titik-titik api.

Sumber: