Karhutla di Kecamatan di Kabupaten Banyuasin Ini , Dalam Sehari Tiga Titik Kejadian

Karhutla di Kecamatan di Kabupaten Banyuasin Ini , Dalam Sehari Tiga Titik Kejadian

Karhutla yang terjadi di Kelurahan Mariana Kecamatan Banyuasin I, Banyuasin, Jumat 6 Oktober 2023.--foto harianbanyuasin.com

PANGKALAN BALAI, HARIANBANYUASIN.COM - Kondisi udara di Kabupaten Banyuasin yang masih dalam kategori sedang, terancam menjadi tidak sehat.

Hal itu dikarenakan jumlah titik karhutla di Banyuasi cukup tinggi. Bahkan, di Kecamatan Banyuasin I, Banyuasin terpantau ada 4 titik karhutla, Jumat 6 Oktober 2023.

Camat Banyuasin I, Bahrum Rangkuti melalui Kasi Ketentraman dan Ketertiban Umum, Pidianto SSos mengatakan jika pihaknya terus berupaya untuk memadamkan setiap terjadinya karhutla.

BACA JUGA:Percepat Penanganan Karhutla di Sumsel, Pj Gubernur Sumsel Siap Alokasikan Anggaran

"Ya, kemarin ada 4 titik karhutla di wilayah Kecamatan Banyuasin I. Yakni di Desa Tirto Sari, Perajin, Sungai Gerong dan Duren Ijo," katanya, dikonfirmasi harianbanyuasin.com, Sabtu 7 Oktober 2023.

Titik panas yang muncul saat berpotensi munculnya api dan menjadi kebakaran hutan dan lahan.

Petugas gabungan yang berjibaku untuk memadamkan api, cukup kesulitan lantaran lokasinya yang berada di tengah hutan.

BACA JUGA:Musim Kemarau, Petani di Kabupaten Banyuasin Takut Tanam Padi, Ungkap Kekhawatiran Ini

Petugas pun harus berjalan kaki hingga kiloan meter untuk mencapai titik api.

Keringnya lahan dan hembusan angina yang cukup kencang membuat petugas kewalahan, bahkan harus berjibaku hingga malam hari.

Untuk diketahui, di wilayah Kecamatan Banyuasin I ada 3 desa yang tergolong rawan Karhutla. Yakni Desa Perajin, Desa Duren Ijo dan Desa Perambahan.

BACA JUGA:RSUD Banyuasin Berikan Pelayanan Prima, Pasien Acungi Jempol

"Tentunya, masyarakat harus tetap waspada dengan kondisi cuaca ekstrem seperti sekarang ini. Meski tidak rawan Karhutla, tapi masih berpotensi," tambahnya.

Sebelumnya, Sekda Banyuasin, Ir Erwin Ibrahim upaya Pemkab Banyuasin untuk mengantisipasi dampak kabut asap, memberikan masker gratis kepada pelajar.

Sumber: