Manfaatkan Lahan Sempit, SMPN 1 Makarti Jaya Banyuasin, Sumatera Selatan Sukses Tanam Sayuran

Manfaatkan Lahan Sempit, SMPN 1 Makarti Jaya Banyuasin, Sumatera Selatan Sukses Tanam Sayuran

Warga SMPN 1 Makarti Jaya saat panen sayur.--

PANGKALAN BALAI, HARIANBANYUASIN.COM- Peserta didik di SMP Negeri 1 Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin terlihat bersama-sama mamanen sayur yang ditanam di lingkungan sekolah.

Sayur yang dipanen hijau setelah disiram hujan beberapa hari terakhir.

Para warga sekolah sangat antusias melakukan panen, lantaran sayur ditanam sangat subur dan sehat, terlihat dari warnanya hijau daun.

BACA JUGA:Luar Biasa ! Sekda Banyuasin dan Kadis Perkimtan Banyuasin Terima Gelar ASEAN Eng

BACA JUGA:6 Pelaku Pemalakan Sopir Truk di Jalintim Banyuasin Diamankan, Polisi tak Lakukan Penahanan Karena...

Kegiatan panen sayur di lalahan terbatas atas inovasi warga sekolah untuk membuat gerakan tanam sayur untuk mengkonsumsi makanan hijau hasil pertanian di lingkungan sekolah.

Menurut kepala SMPN 1 Muhammad Nur SPd MSi, kegiatan tanam sayur guna membangun lingkungan sekolah hijau. Dan membuktikan bahwa lahan disekitar sekolah subur untuk ditanami berbagai jenis sayur.

Selain sedap dipandang, juga sedap dimakan, karena tanamannya sanbgat alami tanpa harus memakai pupuk kimia, sehingga tidak mengandung zal-zal kimia didalamnya.

BACA JUGA:Pj Bupati Banyuasin Buka Pelatihan Aplikasi SIPD

BACA JUGA:Pemkab Banyuasin dan Bank Sumsel Babel Jalin Kerjasama Kartu Kredit Pemerintah Daerah, Ini Tujuannya

Diakunya, tanaman sayur yang sudah dibudidayakan warga semolah terdiri dari sayur jenis sawi dan kangkung, tumbuh aubur dilahan sebelah sekolah. Memang lahannya tidak tertlalu luas.

"Namanya lahan dilingkungan sekolah, tidak terlalu luas, tapi sangat efektip digunakan untuk kebun sayur guna memenuhi kebutuhan warga sekolah, hasil panennya cukup lumayan," terang dia.

Gerakan tanam sayur dilakukan okeh warga sekolah sebagai pemanfaatan lahan sempit untuk ditanami tumbuh-tumbuhan yang panennya memakan waktu yang singkat. Karena bukan jenis tumbuhan keras.

BACA JUGA:Pengurus PAC dan Ranting Gerindra Banyuasin III Ancam Kembalikan KTA, Jika Hal Ini Terjadi

Sumber: