Hore! Kini Jarak Tempuh Palembang-Musi Rawas Hanya 4 Jam Saja, Habiskan Anggaran Segini

Hore! Kini Jarak Tempuh Palembang-Musi Rawas Hanya 4 Jam Saja, Habiskan Anggaran Segini

Gubernur Sumsel memecahkan kendi tanda diresmikannya jalan penghubung Musi Rawas-Palembang, Senin 25 September 2023.--

MUSI RAWAS, HARIANBANYUASIN.COM - Ruas jalan penghubung antar kabupaten di wilayah Provinsi Sumsel, berhasil memperpendek jarak tempuh ke Ibukota provinsi.

Ya, akses jalan yang menghubungkan antara Kabupaten Musi Rawas-Lubuk Linggau-Muratara (MLM) yang semula ditempu selama 9 jam. Kini menjadi lebih pendek, menjadi 4 jam saja.

Pembangunan akses jalan sepanjang 106 Km itu telah rampung, dan diresmikan oleh Gubernur Sumsel, Senin 25 Septemberr 2023.

BACA JUGA:Tunaikan Janji, Askolani 'Kawal' Langsung Bella Kontrol ke RSUD Banyuasin

Pemecahan kendi menjadi tanda diresmikannya jalan penghubung antara Kabupaten PALI-Musirawas melalui Ruas Jalan Simpang Semambang - Cecar SP 9 - Simpang Kulim (Batas PALI), di Halaman Kantor Camat Bulang Tengah Suku (BTS) Ulu, Kabupaten Musirawas.

Untuk menyelesaikan pembangunan jalan penghubung ini, Pemprov Sumsel telah mengucurkan dana Rp391.069.163.209,30. Yang penganggarannya melalui APBD Sumsel selama tiga tahun, 2021 hingga 2023.

"Ini cita-cita besar saya dan kita semua untuk mendekatkan Musi Rawas dengan ibukota provinsi. Alhamdulillah hari ini terealisasi. Ini adalah hasil semangat kita bersama," ungkap Herman Deru.

BACA JUGA:Selamat! Banyuasin Raih 5 Penghargaan di Anugerah Inovator Sumsel 2023

Kandidat Doktor Universitas Sriwijaya ini cukup lega lantaran akses jalan ini telah dimanfaatkan masyarakat.

"Baru kali ini dalam sejarahnya pembangunan sekaligus sepanjang 106 km lebih dibangun dalam 1 trase. Dengan kualitas dan kekuatannya tidak ada beda dengan kekuatan dengan jalan tol," tegasnya. 

Pembangunan ini diakuinya hanya dapat terwujud dengan  tekad luar biasa karena izinnya yang tak mudah dan biayanya yang besar.

BACA JUGA:Luar Biasa, Guru di Banyuasin Ini Raih Anugerah Inovator Sumsel Tahun 2023, Ini Identitas dan Inovasinya

Namun berkat dukungan Pemprov, Pemkab dan juga masyarakat jalan yang dinantikan warga ini dapat direalisasikan dan dirasakan manfaatnya bersama. 

Jika dulu masyarakat Musirawas yang hendak ke Palembang harus menempuh perjalanan hingga 9 jam lebih kini dengan adanya jalan penghubung ini perjalanan hanya memakan waktu 4 jam saja. 

Sumber: