Normalisasi Sungai Bom Berlian: Pemkab Banyuasin Deadline PT Waskita, Diberi Waktu Hanya 5 Hari !

Normalisasi Sungai Bom Berlian: Pemkab Banyuasin Deadline PT Waskita, Diberi Waktu Hanya 5 Hari !

Proyek penimbunan pembangunan Tol Kapal Betung mengakibatkan penyempitan Sungai Bom Berlian, Pangkalan Balai Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.--Foto harianbanyuasin.com

BACA JUGA:Di Banyuasin, Dua Objek Pajak Besar Dari Sektor Ini Belum Bayar PBB Nilainya Cukup Fantastis !

"Kami juga mengucapkan terimakasih atas dukungan masyarakat. Sehingga kegiatan pengerukan sungai berjalan tanpa hambatan," ujarnya. 

Sementara itu, Pj Bupati Banyuasin, Hani Syopiar Rustam SH, memberikan tenggat waktu 5 hari kerja kepada PT. Waskita untuk melakukan normalisasi Sungai Bom Berlian. 

Hal ini dilakukan agar banjir tidak merendam rumah penduduk yang berada di dataran rendah di kawasan Pangkalan Balai dan sekitarnya. 

"Curah hujan di Banyuasin masih tinggi. Kami khawatir jika tidak cepat ditanggulangi banjir kembali akan merendam kawasan itu," ujarnya.

"Sehingga dampaknya merugikan masyarakat," katanya. 

Dalam pertemuan yang digelar di Ruang Rapat Guest House Rumah Dinas Bupati Banyuasin, Kamis 11 Januari 2024 itu, Hani menegaskan bahwa dirinya ingin memperbaiki Kota Pangkalan Balai di berbagai aspek. 

Salah satunya adalah masalah banjir di Bom Berlian dan kemacetan yang kerap terjadi di Talang Kelapa. 

"Walaupun tidak ada anggaran Pemkab Banyuasin sudah berupaya melakukan pengerukan sungai," ungkap Hani.

"Kami harap pihak PT Waskita juga harus membuka sungai yang ditimbun dan melakukan pengerukan di seberang jalan tol," pinta Pj Bupati. 

Hani juga menyampaikan bahwa Pemkab Banyuasin dan masyarakat Banyuasin mendukung pembangunan jalan tol sebagai alternatif dari permasalahan kemacetan. 

Ia berharap PT Waskita dapat melanjutkan pembangunan jalan tol yang diharapkan bisa digunakan sementara untuk jalan alternatif Idul Fitri 2024.

"Pemkab akan membuka akses informasi sebaik mungkin untuk PT Waskita agar bersama mencari solusi permasalahan ini," tegasnya.

"Jangan sampai jalan tol menjadi masalah. Saya meminta secepatnya dilaksanakan 5 hari kalender untuk normalisasi aliran sungai," tambahnya.

Sementara itu, Pimpinan Proyek Mainroad II Banyuasin PT. Waskita, Beni Panjaitan, menyampaikan bahwa terkait aliran air di Bom Berlian telah mereka lakukan inspeksi dan segera akan mereka lakukan beberapa langkah untuk kelancaran air mengalir.

Sumber: