Serambe Banyuasin Dinobatkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia

Serambe Banyuasin Dinobatkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia

Kepala Disdikbud Banyuasin saat menerima sertifikat Warisan Budaya Takbeda Indonesia dari Dinas Kebudayaan Pariwisata Sumsel, Selasa 14 November 2023.--

PANGKALAN BALAI, HARIANBANYUASIN.COM - Kesenian Serambe Banyuasin dinobatkan sebagai warisan budaya takbenda Indonesia dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Selasa 14 November 2023.

Pj Bupati Banyuasin, Hani Syopiar Rustam yang diwakilkan Kepala Disdikbud Banyuasin, Aminuddin SPd SIp MM menerima langsung sertifikat pada Anugerah Seni Batanghari Sembilan dan Pemberian Duplikat Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda Indonesia dari Sumatera Selatan Tahun 2023.

Serifikat itu diserahkan langsung olehh Asisten II Setda Provinsi Sumsel, Ir Basyaruddin Akhmad MSc mewakili Pj Gubernur Sumsel didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Dr Aufa Syahrizal SP MSc di Hotel Swarna Dwipa Palembang.

BACA JUGA:Kabar Gembira ! Kementan RI Bakal Tambah BOP Penyuluh Pertanian di Sumsel, Tapi...

BACA JUGA:Polres Banyuasin Ungkap Kasus Narkotika Jenis Sabu, 16 Paket Sabu 187,03 Gram Disita

Pj Bupati Banyuasin, Hani Syopiar Rustam melalui Kepala Disdikbud Banyuasin Aminuddin SPd SIp MM, kesenian Serambe Banyuasin ini menjadi budaya yang dimiliki oleh Banyuasin.

Dan telah berhasil dilestarikan dan hingga kini masih menjadi kebanggaan Kabupatenn Banyuasin.

“Seni tradisional Serembe Banyuasin ini sudah hampir punah. Dan yang mengetahui ini hanya orang tua kita saja, sementara anak-anak muda kita," katanya.

BACA JUGA:Waduh ! 96 Jam Listrik Padam di Kecamatan Air Kumbang Banyuasin, Masyarakat Kesal

BACA JUGA:96 Jam Listrik Padam di Air Kumbang Banyuasin, Ternyata Ini Penyebabnya

"Bahkan tidak mengetahui sama sekali, maka dari momen ini kita berupaya menghidupkan kembali budaya kita ini hasil kerja nyata dari Disdikbud Banyuasin stakeholder yang terlibat langsung dalam pengusulan Serambe Banyuasin sebagai Warisan Budaya Tak Benda di Kabupaten Banyuasin," ungkapnya. 

Apresiasi Warisan Budaya Indonesia merupakan bentuk penghargaan yang diberikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) kepada para stakeholder yang terlibat langsung dalam pengusulan Warisan Budaya Tak Benda Indonesia dan Cagar Budaya Peringkat Nasional.

Untuk diketahui, penghargaan Warisan Budaya Takbeda ini selain diraih oleh Kabupaten Banyuasin, juga diterima 5 kabupaten/kota lainnya.

BACA JUGA:Inspektorat Banyuasin Luncurkan Aplikasi Sultan Dumas, Pengaduan Konsultasi Cukup Gunakan Aplikasi

Sumber: