Kabar Gembira ! Kementan RI Bakal Tambah BOP Penyuluh Pertanian di Sumsel, Tapi...

Kabar Gembira ! Kementan RI Bakal Tambah BOP Penyuluh Pertanian di Sumsel, Tapi...

Menteri Pertanian RI di tengah-tengah ratusan penyuluh pertanian se-Sumsel saat kunjungan kerja ke SMK PP Negeri Sembawa, Banyuasin, Senin 13 November 2023.--

PANGKALAN BALAI, HARIANBANYUASIn.COM - Kabar gembira bagi penyuluh pertanian di Sumatera Selatan, mulai bulan depan Biaya Operasional (BOP) mereka akan ditambah. Besarannya adalah Rp 200.000 per bulan.

Hal itu diungkapkan Menteri Pertanian (Mentan) RI Amran Sulaiman saat kunjungan kerja ke SMK PP Negeri Sembawa, Banyuasin, Sumatera Selatan, Senin 13 November 2023, lalu.

Kata Amran, tambahan  BOP ini sebagai apresiasi pemerintah pusat kepada para penyuluh pertanian, melalui Kementan RI.

BACA JUGA:Waduh ! 96 Jam Listrik Padam di Kecamatan Air Kumbang Banyuasin, Masyarakat Kesal

BACA JUGA:96 Jam Listrik Padam di Air Kumbang Banyuasin, Ternyata Ini Penyebabnya

"Saya membawa berita baik bagi kita semua, karena kami akan menganggarkan uang untuk menambah BOP bagi penyuluh pertanian di Sumsel sebesar Rp 200.000/bulannya," kata Mentan.

Tambahan BOP akan diberikan pada bulan depan dengan catatan para penyuluh pertanian dapat mendukung  memetakan lahan rawa di Sumsel yang akan digunakan untuk lahan pertanian.

"Namun para penyuluh harus bisa mencapai targetnya membantu pemerintah dan para petani. Karena ini demi ketahanan pangan kita di Indonesia oleh karena itu bantu pemerintah untuk memperluas lahan pertanian di Sumsel," ucap Mentan.

BACA JUGA:Polres Banyuasin Ungkap Kasus Narkotika Jenis Sabu, 16 Paket Sabu 187,03 Gram Disita

BACA JUGA:1500 Atlet Silat Bakal Ramaikan Turnamen Bupati Cup, IPSI Banyuasin Minta Dukungan Pj Bupati Banyuasin

Sebagai tahap awal, Mentan menargetkan seluas 100 ribu hektare lahan rawa yang akan dialihfungsikan menjadi lahan pertanian. 

Sedangkan untuk keseluruhan Kementan sudah siap menanam padi di atas 500 ribu hektare lahan rawa pada awal tahun 2024 mendatang.

"Dari 500 ribu itu di 3 bulan berikutnya kita akan menanam padi di 500 ribu hektare sisanya. Maka, jika ditotal dalam setahun Kementan agak menggarap lahan rawa 1 juta hektare agar Indonesia bisa swasembada pangan," kata Mentan.

BACA JUGA:Gelapkan Uang Setoran Nasabah Koperasi, Kasir Ini Ditangkap Polisi, Ini Jumlah yang Digelapkan

Sumber: