Dua Inovasi Gubernur Sumsel Ikuti Penilaian IGA Award 2023

Dua Inovasi Gubernur Sumsel Ikuti Penilaian IGA Award 2023

Gubernur Sumsel saat mengikuti penilaian Innovative Government Award (IGA) 2023 secara virtual, Senin 25 September 2023, malam.--

PALEMBANG, HARIANBANYUASIN.COM - Gubernur Sumsel, Herman Deru memperkenalkan dua inovasi unggulan Sumsel pada Innovative Government Award (IGA) 2023.

Kegiatan yang dikemas dalam presentasi kepala daerah itu diselenggarakan Kemendagri secara virtual dari Griya Agung, Selasa 25 September 2023, malam.

Kedua program unggulan tersebut yakni Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) dan Aplikasi Sumsel Tanggap. 

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Asyik Mancing, Warga Panca Mulya Banyuasin Tewas Diseret Buaya

Di hadapan tim penilai, Herman Deru menjelaskan bahwa GSMP merupakan program yang lahir atas inisiasinya. Dengan melihat kondisi dan keadaan ekonomi terkontraksi akibat pandemi Covid 19.

Ditambah inflasi yang naik tajam membuat daya beli masyarakat semakin menurun karena banyak PHK dimana-mana. 

Waktu itu papar Herman Deru Kemendagri mengadakan rapat dan memberikan keleluasaan Provinsi, Kabupaten dan Kota untjk melaukan inovasi agar daya beli masyarakat dapat pulih.

BACA JUGA:Pemancing Diseret Buaya: Kades Panca Mulya Ungkap Fakta Ini

Bahkan pemerintah sempat mengistruksikan agar Pemda mensubsidi biaya angkut komoditas jika terjadi kenaikan harga pangan. 

"Tentu kami berpikir keras sebab beberapa komoditas yang sering menyebabkan inflasi. Sejatinya bisa dihasilkan sendiri seperti cabai, bawang, tomat mini. Dari sanalah saya akhirnya mengajak teman-teman korporasi, Himbara, bank daerah dan lainnya agar CSR difokuskan membantu warga menanam tanaman yang dapat memicu inflasi," terangnya. 

Di awal program ini dikenalkan diakuinya sosialisasi, promosi pun dilakukan dengan gencar dimana launching program ini sendiri dilakukan di penghujung tahun 2021. 

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Lahan Kosong di Desa Sungai Rengit Banyuasin Terbakar

"GSMP kita sosialsiasikan dengan masif. Meminta semua masyarakat yang memiliki tanaman dalam pot untuk mulai bertanam aneka kebutuhan dapur. Terutama yang berkaitan dengan peningkatan inflasi," jelasnya. 

Hasilnya lanjut Gubernur Herman Deru sudah banyak terbukti.

Sumber: