Hadapi Krisis Pangan, Bupati Banyuasin Kuatkan Fungsi Penyuluh Pertanian

Hadapi Krisis Pangan, Bupati Banyuasin Kuatkan Fungsi Penyuluh Pertanian

Bupati Banyuasin H Askolani saat mencicipi kuliner pada Festival Pangan di Graha Sedulang Setudung, Kamis (18/8).--

PANGKALAN BALAI, harianbanyuasin.com - Festival Pangan Lokal dan diskusi Program Petani Bangkit dalam Rangka Ketahanan Pangan Kabupaten Banyuasin Tahun 2022, digelar di Graha Sedulang Setudung, Kamis (18/08/22). 

 

Hadir langsung Bupati H Askolani SH MH didampingi Wabup H Slamet Somosentono SH dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin Hj Neni Tri Haryani Slamet. 

 

Selain itu, hadir sebagai narasumber diskusi umum penguatan fungsi penyuluh pertanian menghadapi krisis pangan yakni Ketua KTNA Kabupaten Banyuasin Sukardi SP, MSi, Kabid Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Prov. Sumsel.

 

Juga hadir Kepala OPD lingkup Pemkab Banyuasin, Camat se-Kabupaten Banyuasin, TP. PKK Kecamatan se-Kabupaten Banyuasin, Korlap Pertanian serta Penyuluh Pertanian Lapangan se-Kabupaten Banyuasin. 

 

Bupati Banyuasin H Askolani dalam arahannya mengatakan Presiden telah memberikan arahan untuk antisipasi ancaman krisis pangan. Oleh sebab itu apa yang dilakukan Dinas Ketahanan Pangan Banyuasin ini adalah bentuk langkah dalam mencarikan solusi sehingga apa yang dikhawtirkan tak akan terjadi di Banyuasin.

 

Bupati berharap program petani bangkit menjadi motor penggerak utama pemberdayaan masyarakat dalam mewujudkan ketahanan pangan Banyuasin yang dimulai dari ketahanan pangan rumah tangga.

 

"Antisipasi ancaman itu, saya mengajak masyarakat memanfaatkan perkarangan rumah untuk bercocok tanam, beternak, paling tidak untuk memenuhi kebutuhan keluarga sendiri," harapnya.

 

Sumber: