Literasi Keagamaan di SMAN 1 Banyuasin III: Memperkokoh Profil Pelajar Pancasila

Literasi Keagamaan di SMAN 1 Banyuasin III: Memperkokoh Profil Pelajar Pancasila

Kegiatan literasi keagamaan di SMA Negeri 1 Banyuasin III.--

PANGKALAN BALAI, HARIANBANYUASIN.COM - Di tengah kesibukan dunia pendidikan, SMAN 1 Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, menunjukkan komitmen yang tinggi terhadap pendekatan literasi keagamaan. 

Setiap hari Selasa, sebuah kegiatan literasi keagamaan yang digagas oleh Rohani Islam (Rohis) Almaul Husnah SMAN 1 Banyuasin III rutin dilaksanakan di musalah sekolah setempat. 

Dalam kegiatan ini, peserta didik aktif terlibat sebagai bentuk penguatan Profil Pelajar Pancasila.

BACA JUGA:Update Kecelakaan di Jalintim Banyuasin : Korban Meninggal Dunia Bertambah, Kini Menjadi 4 Orang

BACA JUGA:Kecelakaan di Jalintim Banyuasin, Satu Balita Meninggal Dunia, 7 Lainnya Luka-luka

Mengusung semangat untuk memperkuat nilai-nilai keagamaan, peserta didik diberikan panduan langsung oleh guru untuk membaca Alquran

Upaya ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap kitab suci, tetapi juga untuk membiasakan siswa dalam membaca Alquran, dengan harapan dapat menumbuhkan minat baca di kalangan pelajar.

Kepala SMAN 1 Banyuasin III, Dra Hj Rivnita, menjelaskan dengan antusiasme tentang semaraknya kegiatan literasi keagamaan yang digelar oleh Rohis Asmaul Husnah. 

BACA JUGA:Pelajar SD di Desa Penandingan Banyuasin Terobos Banjir Demi ke Sekolah

BACA JUGA:Akibat Angin Kencang, Sekoci KMP Garda Maritim Terbalik, 1 Korban Hilang

Kegiatan ini menjadi lebih istimewa karena kali pertama dilaksanakan pada minggu kedua bulan Januari 2024, menyambut semester genap tahun pembelajaran 2023/2024.

Menurut Dra Hj Rivnita, tujuan dari kegiatan literasi keagamaan ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran siswa dalam membaca dan mempelajari kitab suci agamanya masing-masing. 

Literasi agama dianggap memiliki peran penting dalam menciptakan budaya baca, sekaligus meningkatkan iman, takwa, dan akhlak mulia melalui pendidikan di sekolah.

BACA JUGA:SMK Setianegara Sembawa Mulai Menerima Pendaftaran Siswa Baru, Buruan Daftar !

Sumber: