Goes To Pesantren, KPU Banyuasin Sosialisasi Melalui Nobar Film Kejarlah Janji

Goes To Pesantren, KPU Banyuasin Sosialisasi Melalui Nobar Film Kejarlah Janji

Kegiatan foto bersama usai nonton bareng film kejarlah janji di Ponpes Sabilul Hasanah Desa Purwosari Kecamatan Sembawa. --

PANGKALAN BALAI, HARIANBANYUASIN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuasin bersama dengan Pondok Pesantren (Ponpes) Sabilul Hasanah menggelar nonton bareng (nobar) Film “Kejarlah Janji”, Minggu 22 Oktober 2023.

Ketua KPU Banyuasin Nurul Mubarok mengungkapkan kegiatan nonton Film “Kejarlah Janji” merupakan program KPU Goes To Pesantren dan Kampus dalam rangka memperingati Hari Santri 22 Oktober dan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober.

"Nobar diikuti sekitar ratusan santri ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi Pemilu dan pendidikan politik bagi pemilih pemula maupun pemilih muda," ujarnya. 

BACA JUGA:BRI Cabang Sekayu Gelar Undian Panen Hadiah Simpedes, Ini Nama-nama Pemenangnya

Menurut Nurul Mubarok pemilih pemula merupakan pemilih yang baru kali pertama akan menggunakan hak pilihnya pada penyelenggaraan pemilu 14 Februari 2024 mendatang.

Sedangkan, kelompok pemilih yang berada di perguruan tinggi dan pesantren, merupakan salah satu kelompok strategis dalam upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilu 2024.

Film yang diluncurkan pada 15 September 2023 lalu, kata dia, menjadi sarana KPU dalam berkomunikasi dengan pemilih untuk pendidikan pemilih.

BACA JUGA:20 Unit Rumah di Banyuasin Rusak Ringan Diterjang Angin Kencang

"Tentu KPU sebagai penyelenggara berharap film ini dapat membawa pesan kedamaian untuk Pemilu tahun depan dan pendidikan politik bagi para santri yang merupakan calon pemimpin masa depan," ujarnya. 

Mubarok menyebutkan berdasarkan data KPU, Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 di Kabupaten Banyuasin tercatat sebanyak 625.988

"9,7 persennya adalah pemilih pemula yakni sebanyak 60.882," pungkasnya. 

BACA JUGA:Buaya Muara Sepanjang 3 Meter Dievakuasi dari Selokan, Ini Lokasinya

Turut hadir, dalam nobar bersama santri Ponpes Sabilul Hasanah tersebut, komisioner KPU Banyuasin Nurul Mubarok, Bahrialsyah, Riky Oktadinata, Sekretaris KPU Banyuasin Saperan, jajaran sekretariat KPU dan pengasuh Ponpes.*

Sumber: