Agus Fatoni Resmi Jabat Pj Gubernur Sumsel, Ini Tugas yang Harus Segera Dijalankannya

Agus Fatoni Resmi Jabat Pj Gubernur Sumsel, Ini Tugas yang Harus Segera Dijalankannya

Agus Fatoni menerima SK Pj Gubernur Sumsel dari Mendagri RI, Tito Karnavian, Senin 2 Oktober 2023.--

JAKARTA, HARIANBANYUASIN.COM - Mendagri RI, Muhammad Tito Karnavian resmi melantik Pj Gubernur Sumsel, Dr Agus Fatoni MSi di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri, Senin 2 September 2023.

Dilantikanya  Dr Agus Fatoni, M.Si sebagai Pj Gubernur Sumsel oleh Mendagri tersebut  mengacu pada Keputusan Presiden atau Keppres No. 87/P/2023 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan pelantikan Pj Ketua TP PKK Sumsel, AP Widyaningtyas Fatoni, oleh Ketua Umum TP PKK Tri Tito Karnavian. 

BACA JUGA:Mulai Hari Ini, Sekolah di Kota Palembang Terapkan Belajar Daring

Mendagri mengakui, Pj Gubernur Sumsel Dr Agus Fatoni MSi memiliki pengalaman menjadi penjabat Gubernur, dimana sebelumnya pernah menjabat sebagai Pj Gubernur Sulawesi Utara. 

“Tentu tugas utama yang paling penting bagi saya adalah mereka bisa membuat pemerintahan tetap berjalan. Running, jangan sampai terjadi kekosongan," bebernya. 

"Setelah itu saya minta juga mereka melakukan hal-hal yang menjadi prioritas baik nasional maupun daerah. Misalnya tentang penurunan angka stunting, penurunan angka kemiskinan termasuk kemiskinan ekstrem dan mengendalikan inflasi,” tuturnya. 

BACA JUGA:Kualitas Udara di Kota Palembang Level Bahaya, Malam Hari Asap Sangat Pekat

Terkhusus untuk di Provinsi Sumsel, lanjut Mendagri, untuk terus melakukan hal-hal yang menjadi prioritas. Seperti pembangunan jalan, pelabuhan, dan yang paling penting dan krusial untuk tindak lanjuti penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). 

“Terkhusus ini saya minta untuk tangani karhutla karena kualitas udara di kota palembang tidak sehat, titik kebakaran segera dikerjakan bersama forkopimda,” tambahnya.

Mendagari secara khusus menyampaikan ucapkan terimakasih untuk pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Sumsel Periode 2018-2023 yang telah mengakhiri masa tugasnya. 

BACA JUGA:Polemik Klaim Lahan Kampung Agrowisata Religi Langkan Banyuasin: Dua Kali Mediasi di Desa Belum Ada Solusi

Sementara Pj Gubernur Sumsel, Dr Agus Fatoni MSi menegaskan setelah resmi dilantik dirinya akan segera melaksanakan tugas sesuai dengan arahan dari Mendagri. 

Khususnya penurunan stunting, mengendalikan inflasi, penurunan kemiskinan dan kemiskinan extrem serta yang paling utama adalah mengendalikan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Sumber: