7 Kepala Daerah di Sumsel Ini Diminta tak Alihfungsikan Lahan Gambut di Daerahnya dengan Tidak Bijak

7 Kepala Daerah di Sumsel Ini Diminta tak Alihfungsikan Lahan Gambut di Daerahnya dengan Tidak Bijak

Gubernur Sumsel meninjau stan pameran hasil produk unggulan restorasi gambut, Sabtu 23 September 2023.--

Terkait alternatif apa saja inovasi yang dapat dilakukan di lahan-lahan gambut yang ada di Sumsel agar lahan ini lebih produktif. 

"Perlu ada regulasi agar gambut yang ada dipertahankan. Dan tidak meluas lagi tapi dapat memberikan kemaslahatan masyarakat sekitar apakah, kegiatan perikanan lainnya," jelasnya. 

Sementara itu Kepala BRGM RI, Ir Hartono MSc melalui Deputi Konstruksi Operasi dan Pemeliharaan BRGM DR. Tris Raditian mengatakan pihaknya sangat berterimakasih dan menyambut baik kegiatan pameran hasil produk unggulan restorasi gambut yang digelar di Sumsel. 

Hal ini menurutnya membuktikan bahwa upaya yang telah dilakukan bersama pada 8 tahun silam berjalan baik. Sehingga potensi gambut dapat dimanfaatkan tanpa merusak ekosiatem di lahan gambut.

Diakuinya sepanjang restorasi dilakukan tentu  banyak sekali pembelajaran dan temuan di lapangan. Untuk itu pihaknya berharap kolaborasi semua pihak tetap dilakukan dan diperkuat bersama BRGM. 

"Kedepan harapan kita adalah semua pihak dapat tetap berkolaborasi dengan BRGM. Dan semoga kegiatan pameran ini sukses dan targetnya tidak hanya memperkenalkan dan memasarkan produk unggulan restorasi gambut saja," ujarnya. 

"Namun semoga ini menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk dapat memgembangkan produksi gambut untuk meningkatkan kesejahteraan dan menjaga gambut," tukasnya.*

Sumber: