Akses Jalan Penghubung OKU Timur-OI Diresmikan, Segini Anggaran yang Digelontorkan

Akses Jalan Penghubung OKU Timur-OI Diresmikan, Segini Anggaran yang Digelontorkan

Gubernur Sumsel memecahkan kendi sebagai tanda diresmikannya jalan Penghubung OKU Timur-OI, Sabtu 16 September 2023.--

OKU TIMUR, HAARIANBANYUASIN.COM - Gubernur Sumsel H. Herman Deru meresmikan akses jalan Cempaka OKU TIMUR-SP 2 Tanah Abang Muara Kuang, Ogan Ilir, Sabtu 16 September 2023.

Jalan sepanjang 68 Km tersebut selain memperpendek waktu tempuh juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitarr.

"Jadi akses jalan Cempaka-Muara Kuang tidak lagi harus kita tempuh melalui akses jalan memutar melewati Kota Kayuangung. Ini semata-mata untuk memperpendek jarak sehingga mobilitas masyarakat semakin cepat," katanya.

BACA JUGA:Kunker ke OKU Timur, Gubernur Herman Deru Serahkan Bantuan Alsintan dari Pemkab OKU Timur

Diketahui, pembangunan akses jalan tersebut menggunakan dua sumber dana. Yakni Bantuan Gubernur bersifat khusus (Bangubsus) tahun anggaran 2019-2023 sebesar Rp 759.850.000.000.

Dan APBD tahun 2019-2023 sebesar Rp 758.607.029.592.

"Jalan yang dibangun ini tentu akan sia-sia jika tidak dimanfaatkan dengan baik," ujarnya.

BACA JUGA:Bupati Banyuasin Kembali Lakukan Resuffle, Mulai Dari Administrator hingga Kepala Sekolah, Ini Daftarnya

Herman Deru berharap, rampungnya akses jalan ini dapat menjadi pemantik semangat masyarakat untuk meningkatkan perekonomian di daerahnya.

"Ini dapat menjadi akses untuk mempercepat tukar menukar komoditi. Pengiriman hasil pertanian dan perdagangan dapat semakin cepat tiba di lokasi tujuan. Dan yang utama adalah menghemat biaya operasional," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUBM-TR Provinsi Sumsel M. Affandi menjelaskan, jika pembangunan jalan tersebut sudah dilakukan sejak tahun 2019.

BACA JUGA:FKKDI Kabupaten Banyuasin Dikukuhkan, Ini Daftar Lengkap Kepengurusannya

"Ini memang jalan baru, karena sebelumnya jalan ini tidak ada. Bahkan sejak desa ini berdiri," katanya.

Menurutnya, di masa kepemimpinan Gubernur Herman Deru dan Wakil Gubernur Mawardi Yahya, pemerataan pembangunan masif dilakukan.

Sumber: