6 Jurus Memelihara Kesehatan Tubuh Anak Supaya Tidak Gampang Sakit

6 Jurus Memelihara Kesehatan Tubuh Anak Supaya Tidak Gampang Sakit

Anak-anak yang aktif bermain, tentunya kesehatan anak harus dijaga agar mereka selalu sehat.--

• Imunisasi TD untuk anak kelas 5 SD/Madrasah atau sederajat.

 

5. Menyiapkan Makanan Sehat 

Para orang tua diharapkan memberikan makanan yang bergizi kepada anak supaya kesehatan anaknya senantiasa terjaga. Kurangi membeli makanan siap saji karena kerap mengandung bahan pengawet dan kandungan nutrisinya rendah sehingga tidak baik apabila sering dikonsumsi anak-anak. 

Usahakan memasak sendiri makanan dengan mengkreasikan berbagai berbagai macam olahan makanan yang digemari anak. Usahakan kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan baik. Dengan sering menyajikan masakan rumah, orang tua lebih mudah mengontrol bahan-bahan makanan yang akan dimakan anak. Selain itu, dengan seringnya makan di rumah akan mengurangi kebiasaan anak jajan di luar.

 

6. Mengajari Anak agar Aktif

Para orang tua diharapkan untuk menyempatkan waktu mengajak anak bermain sehingga anak tidak stress. Yang paling disarankan bagi orang tua adalah membuat anaknya menjadi aktif.

 

Selain itu, para orang tua disarankan untuk mengurangi penggunaan gadget pada anak. Untuk anak umur 2-5 tahun sebaiknya dibatasi hanya 1 jam. Dengan memberikan batasan orang tua dapat mengajak anak untuk  melaksanakan kegiatan aktif lain seperti membentuk puzzle, belajar berhitung, melatih kosa kata, dsb. Hal ini bertujuan untuk memicu pertumbuhan sensorik serta motorik anak.(*)

Sumber: