Pesona TN Sembilang dengan Sejumlah Potensi Wisatanya, Kamu Wajib Kesini

Pesona TN Sembilang dengan Sejumlah Potensi Wisatanya, Kamu Wajib Kesini

Lumba Lumba jenis Irrawady Dolphin yang menjadi salah satu potensi wisata di TN Sembilang--

PANGKALAN BALAI, HARIANBANYUASIN.COM - Potensi wisata di Kabupaten Banyuasin ini sangat beragam. Wilayahnya yang terbagi atas kawasan daratan dan perairan memberikan keunikan tersendiri, berbeda dari daerah lain di Sumsel.

 

Potensi di daratan yang menjadi pilihan masyarat untuk menikmati keindahannya sebagai salah satu destinasi wisata, termasuk di kawasan perairan.

 

Yang tak kalah indah pesoonanya adalah Taman Nasional (TN) Sembilang. Kawasan ini terletak di Kecamatan Banyuasin II Kabupaten Banyuasin. Menjadi kawasan yang dilindungi.

 

TN Sembilang juga merupakan sebagian kawasan hutan mangrove terluas yang tersisa di sepanjang pantai timur pulau Sumatera yang perlu di lestarikan keberadaanya untuk keseimbangan ekosistem di dunia. 

 

Latar belakang penunjukan kawasan TN Semblang adalah didasarkan pada rekomendasi Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (No 522/154159/BAPPEDA-IM/1998 dan SK Menteri Kehutanan No. 76/Kpts12001 tanggal 15 Maret 2001 tentang Penunjukan Kawasan Hutan dan Perairan di Wilayah Provinsi Sumatera Selatan.

 

Didalamnya tercantum penunjukan kawasan Sembilang menjadi Calon Taman Nasional. Kemudian ditindaklanjuti surat Gubernur Sumatera Selatan No. 22/5128/1 tanggal 23 Oktober 2001 yang meminta penetapan kawasan calon taman nasional Sembilang seluas 205.750 ha. 

 

Berdasarkan Perda Sumatera Selatan No. 5 Tahun 1994 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP) kawasan seluas 205 750 ha yang ditunjuk sebagai calon Taman Nasional ini merupakan penggabungan dari kawasan Suaka Margasatwa (SM) Terusan Dalam (29.250 ha), Hutan Suaka Alam (HSA) Sembilang seluas 113.173, Hutan Produksi Terbatas (HPT) Sungai Terusan Dalam seluas 45 500 ha dan kawasan perairan di sekitarnya seluas 17.827 ha. 

 

Sumber: