Ayo Kenalkan Literasi Dan Numerasi Pada Anak Sejak Dini Melalui Gerakan SIMANIS (Siswa Membaca Dan Menulis)

  Ayo Kenalkan Literasi Dan Numerasi Pada Anak Sejak Dini Melalui Gerakan SIMANIS (Siswa Membaca Dan Menulis)

--

OLEH : Merlina Ayulia Sari, S.Pd.

TKN 1 Muara Telang

 

PENGENALAN literasi dan numerasi pada anak usia dini dilakukan dengan cara yang menyenangkan seperti bermain sambil belajar. Literasi dan numerasi merupakan kemampuan dasar yang sangat penting ditumbuhkan sejak anak usia dini.

Hal ini dikatakan Plt. Kepala TKN 1 Muara Telang, pada kegiatan Serentak Gerakan SIMANIS (Siswa membaca dan menulis) Kabupaten Banyuasin, di sela pembuatan konten youtubenya dengan channel youtube yakni Merlina Ayulia Sari tentang ajakan dan berpartisipasi mengikuti Gerakan SIMANIS yang menjadi program inovasi dan sebagai upaya peningkatan sistem Pendidikan di Kabupaten Banyuasin (14/12).

Literasi dan numerasi merupakan dasar kemampuan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari sebagai dasar anak usia dini untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya dan agar anak mampu berkomunikasi, bersosialisasi dengan baik di masyarakat dan kehidupan sehari-harinya,” kata Merlina.

Literasi dan numerasi awal adalah dua keterampilan yang berkembang sejak dini dan menjadi faktor penting yang menentukan kesuksesan akademik di kemudian hari. (Ducan et.a;2007). 

“Sangat penting mengenalkan literasi dan numerasi pada anak sejak usia dini agar anak senang dengan membaca, menulis, dan berhitung pada pendidikan selanjutnya. Kegiatan literasi pada anak usia dini dilakukan dengan mengajak anak membaca buku cerita bergambar, menggambar dan mewarnai gambar. Kegiatan numerasi pada anak usia dini dapat dilakukan dengan mengajak anak bermain mengelompokkan benda dan menghitung benda yang ada di sekitar anak,” terang Merlina. (**)

 

Sumber: