BANNER ASKOLANI 2 PERIODE HL

Cara Baru Atasi Sampah, Inovasi Pengolahan untuk Lingkungan yang Lebih Hijau

Cara Baru Atasi Sampah, Inovasi Pengolahan untuk Lingkungan yang Lebih Hijau

Inovasi Pengolahan Sampah: Solusi untuk Masalah Lingkungan"--Youtube Dinas Lingkungan Hidup

Menteri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya, menegaskan bahwa partisipasi masyarakat dalam memilah sampah sangat krusial.

"Kami terus mendorong agar masyarakat tidak hanya sekadar membuang sampah, tetapi juga memahami bagaimana cara memilah dan mendaur ulang. Bank Sampah adalah salah satu cara untuk mendidik dan mendorong partisipasi masyarakat secara aktif," kata Siti.

Di sisi lain, beberapa kota besar seperti Surabaya dan Bali juga telah memberlakukan peraturan ketat terkait penggunaan kantong plastik sekali pakai.

Surabaya, misalnya, telah menerapkan denda bagi warga atau pengusaha yang masih menggunakan kantong plastik, serta mendorong penggunaan tas belanja ramah lingkungan.

Upaya Menuju Masa Depan yang Lebih Hijau

Berbagai inovasi dan upaya pemerintah dalam pengolahan sampah menunjukkan bahwa Indonesia sedang berada di jalur yang benar untuk mengatasi permasalahan sampah.

Namun, kolaborasi antara pemerintah, swasta, dan masyarakat tetap menjadi kunci utama dalam menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

Dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya daur ulang dan penggunaan teknologi ramah lingkungan, harapannya adalah bahwa masa depan Indonesia bisa bebas dari tumpukan sampah, dan generasi mendatang dapat menikmati lingkungan yang lebih hijau dan sehat.

Sumber: