Konsumsi Makanan Bersantan dan Daging Berlebihan Saat Lebaran, Ini Resiko Penyakit yang Mengintai

Konsumsi Makanan Bersantan dan Daging Berlebihan Saat Lebaran, Ini Resiko Penyakit yang Mengintai

Hidangan bersantan dan daging menjadi menu yang ada saat Lebaran, namun jangan terlalu banyak mengonsumsinya karena berisiko pada penyakit tertentu.--

BACA JUGA:Timbangan Masih Naik Saat Bulan Puasa? 6 Alasan Berat Badan Naik Saat Puasa

3. Resistensi Insulin

Konsumsi santan berlebihan dapat meningkatkan risiko resistensi insulin, yang merupakan langkah awal menuju diabetes tipe 2.

4. Masalah Pencernaan

Santan yang kaya lemak dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti mulas, perut kembung, atau diare pada beberapa individu.

Sementara, daging adalah sumber protein hewani yang kaya akan nutrisi penting seperti zat besi, zinc, dan vitamin B12. 

Namun, konsumsi daging berlebihan juga dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan:

1. Kolesterol Tinggi

Daging, terutama daging merah, mengandung tinggi lemak jenuh dan kolesterol, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

2. Kanker

Beberapa penelitian telah menunjukkan hubungan antara konsumsi daging merah berlebihan dengan risiko kanker kolorektal, kanker prostat, dan kanker payudara.

3. Penyakit Kardiovaskular

Konsumsi daging olahan seperti daging asap atau sosis telah terkait dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular seperti stroke dan serangan jantung.

4. Resistensi Antibiotik

Daging yang dihasilkan dari hewan yang diberi antibiotik secara berlebihan dapat menyebabkan resistensi antibiotik pada manusia, yang membuat pengobatan infeksi menjadi lebih sulit.

Sumber: