Makan Nanas Bisa Keguguran, Mitos atau Fakta?

Makan Nanas Bisa Keguguran, Mitos atau Fakta?

Konsumsi Nanas Bisa menyebabkan Keguguran, Mitos atau Fakta?--Instagram dispangtansalatiga

3. Mempercantik Kulit

Konsumsi nanas dapat membantu produksi kolagen dalam jumlah yang lebih, memberikan manfaat positif pada kulit ibu hamil.

BACA JUGA:Daun Kelor Bisa Mengusir Setan. Mitos atau Fakta?

BACA JUGA:Mitos atau Fakta? Tanaman Tebu Merah Sebagai Penangkal Santet

4. Sumber Nutrisi untuk Ibu dan Janin

Nanas mengandung asam folat untuk mencegah cacat lahir, zat besi penting untuk produksi darah, serta magnesium, mangan, dan vitamin B6.

Namun, penting untuk diketahui bahwa setiap ibu hamil memiliki kebutuhan dan kondisi kesehatan yang berbeda. 

Oleh karena itu, konsultasi dengan dokter saat pemeriksaan rutin kehamilan sangat disarankan untuk menentukan takaran yang pas sesuai dengan kebutuhan individu.

Namun, selain manfaat diatas, terdapat jga dampak buruk konsumsi nanas bagi ibu hamil:

1. Menyebabkan Keguguran atau Lahir Prematur

Efek bromelain pada nanas dapat memicu kontraksi. Konsumsi berlebihan di awal kehamilan dapat meningkatkan risiko keguguran atau persalinan prematur.

2. Berdampak Buruk pada Kulit Bayi

Mengonsumsi nanas yang dihidangkan panas bisa berdampak buruk pada kulit bayi dan bahkan menyebabkan alergi, karena zat beracun yang dapat dikeluarkan oleh nanas saat disajikan panas.

Meskipun nanas memiliki manfaat kesehatan, khususnya bagi ibu hamil, tetapi mengonsumsinya dengan bijak dan dalam jumlah yang sesuai sangat penting. 

Sebagai tips tambahan, disarankan untuk menghindari konsumsi nanas dalam bentuk jus atau minuman kaleng, karena enzim bromelain di dalamnya mungkin sudah rusak.

Sumber: