Ibu Hamil Ngidam Durian, Kopi, Sushi, Boleh Gak Sih?

Ibu Hamil Ngidam Durian, Kopi, Sushi, Boleh Gak Sih?

Bolehkah ibu hamil konsumsi kopi, sushi, dan durian--Instagram dokterkandungan.id

Bagi para pecinta kopi yang sedang hamil, keinginan untuk menikmati secangkir kopi mungkin sulit dihindari. 

BACA JUGA:11 Manfaat Kopi Tanpa Gula untuk Kesehatan

BACA JUGA:Jangan Buang Ampas Kopimu, Ini 3 Manfaatnya

Namun, American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) menyarankan agar ibu hamil membatasi asupan kafein mereka.

Kafein, yang tidak hanya ditemukan dalam kopi tetapi juga dalam teh, minuman ringan, minuman berenergi, dan coklat, dapat memiliki dampak negatif pada berat badan bayi. 

Asupan kafein yang aman menurut ACOG adalah tidak lebih dari 200 mg per hari, setara dengan sekitar 2 cangkir kopi instan. 

Dengan membatasi konsumsi kafein, ibu hamil dapat mengurangi risiko berat badan bayi yang rendah saat lahir, sehingga bayi tetap sehat dan tumbuh dengan baik.

3. Sushi

Sushi, hidangan Jepang yang lezat, menjadi sajian yang kurang disarankan bagi ibu hamil. 

American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) menyarankan agar ibu hamil tidak mengonsumsi ikan mentah atau setengah matang, termasuk sushi dan sashimi, karena dapat mengandung parasit atau bakteri berbahaya.

Selain itu, semua makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil sebaiknya dalam keadaan matang untuk menghindari risiko infeksi. 

Konsumsi seafood juga sebaiknya dibatasi, khususnya untuk menghindari paparan zat merkuri yang dapat berdampak buruk pada perkembangan janin.

Sebelum memenuhi ngidam yang tidak biasa selama kehamilan, sangat penting bagi para ibu hamil untuk berkonsultasi dengan dokter mereka. 

Setiap kehamilan memiliki kebutuhan khusus, dan rekomendasi dokter akan membantu memastikan bahwa ibu hamil dan janinnya tetap sehat selama perjalanan kehamilan.

Jadi, sambil mengejar keinginan ngidam yang unik, tetap prioritaskan kesehatan ibu dan bayi!*

Sumber: