Menuju Peningkatan Kualitas Pendidikan, Gelar Sosialisasi Pra-Akreditasi di SMPN 1 Suak Tapeh

Menuju Peningkatan Kualitas Pendidikan, Gelar Sosialisasi Pra-Akreditasi di SMPN 1 Suak Tapeh

Pelaksanaan sosialisasi pra akreditasi di SMP Negeri 1 Suak Tapeh.--foto harianbanyuasin.com

BACA JUGA:Wujudkan Polisi Humanis, Polres Banyuasin Rutin Laksanakan Binrohtal

Sosialisasi ini menjadi wadah untuk memastikan bahwa semua pihak terlibat dan memiliki pemahaman yang sama terkait peran masing-masing dalam menjalani proses akreditasi.

Dalam menjelaskan persiapan akreditasi, Juhaini menjelaskan bahwa sebagian besar persyaratan sudah tersedia. 

Namun, ia mengakui bahwa evaluasi diri terus dilakukan, dan jika terdapat kekurangan, hal tersebut perlu segera dibenahi sebagai syarat utama dalam akreditasi. 

Persiapannya melibatkan penyusunan instrumen dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan delapan standar nasional pendidikan, yang akan menjadi fokus utama pada saat visitasi akreditasi nanti.

"Kita sekarang mulai menyiapkan berbagai instrumen untuk dilakukan koreksi oleh pengawas bina tentang persiapan akreditasi sekolah terletak di Desa Lubuk Lancang tersebut," ungkap Juhaini.

Persiapan akreditasi tidak hanya mencakup aspek administratif, tetapi juga mempersiapkan bukti fisik atau dokumen fisik yang berkaitan dengan 8 standar nasional pendidikan. 

Tahap ini membutuhkan kerja sama yang erat antarwarga sekolah agar semua persyaratan dapat terpenuhi.

Standar Nasional Pendidikan (SNP) menjadi dasar bagi seluruh satuan pendidikan di Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan. 

Program ini mencakup delapan standar, yaitu standar kelulusan, standar isi, standar proses, standar pengelolaan, standar sarana prasarana.

Kemudian, standar pembiayaan, standar penilaian, dan standar pendidikan dan tenaga kependidikan. 

Semua delapan standar ini menjadi tolok ukur bagi institusi pendidikan dalam menjalani proses akreditasi.

Dengan semangat kolektif dan kesadaran akan pentingnya proses akreditasi, SMPN 1 Suak Tapeh berharap dapat memperoleh akreditasi yang tinggi, mencerminkan komitmen dan dedikasi mereka terhadap peningkatan kualitas pendidikan. 

Program literasi agama ini bukan hanya sebagai syarat formal, melainkan juga sebagai wujud nyata dari upaya bersama dalam membentuk generasi yang memiliki landasan moral dan spiritual yang kokoh. 

Sebagai bagian dari upaya lebih besar dalam memajukan dunia pendidikan, SMPN 1 Suak Tapeh optimis bahwa proses akreditasi akan menjadi tonggak keberhasilan bagi masa depan pendidikan di sekolah mereka.***

Sumber: