Hujan Deras Turun, Pj Bupati Banyuasin Malah Kunjungi Kawasan Bom Berlian, Ternyata Pastikan Ini!

Hujan Deras Turun, Pj Bupati Banyuasin Malah Kunjungi Kawasan Bom Berlian, Ternyata Pastikan Ini!

Pj Bupati Banyuasin Hani Rustam bersama Plt Kadis PUPR Banyuasin Apriansyah saat meninjau pengerukan sungai saat hujan untuk memastikan aiir mengalir lancar, Sabtu 30 Desember 2023--Foto Zaironi

PANGKALAN BALAI, HARIAN BANYUASIN. COM - Pj. Bupati Banyuasin H. Hani Syopiar Rustam, SH kembali meninjau langsung lokasi Boom Berlian pada saat turun hujan, Sabtu 30 Desember 2023.
 
Tinjauan ini dilakukan untuk memastikan kegiatan pengerukan sungai yang dilakukan Dinas PUPR Kabupaten Banyuasin berjalan sesuai rencana serta untuk memastikan air sungai telah mengalir lancar dan telah mengurangi potensi terjadinya banjir.
 
Dalam tinjauannya, Pj. Bupati didampingi Plt. Kadis PUPR Kabupaten Banyuasin Ir. Apriansyah, ST., MM. 
Pj. Bupati melihat perkembangan pengerukan yang sudah dilakukan, di antaranya pengerukan lumpur di dasar sungai, pembersihan sampah, dan pembuatan talud.
 
Pj. Bupati Hani Syopiar Rustam memberikan apresiasi kepada Dinas PUPR Kabupaten Banyuasin atas kerja kerasnya dalam melakukan pengerukan sungai Boom Berlian. 
 
Pj. Bupati juga berpesan kepada Kepala Dinas PUPR untuk semaksimal mungkin melakukan pengerukan sungai Boom Berlian, apalagi saat ini sudah masuk musim hujan.
"Saya yakin dengan kerja sama dan dilakukan dengan ikhlas maka akan menghasilkan pelayanan terbaik untuk masyarakat Banyuasin. 
 
Disinilah peran Pemkab Banyuasin untuk hadir dan bekerja demi Banyuasin Maju," tegas Pj. Bupati.
 
Pj. Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam menekankan sekali lagi bahwa Pemkab Banyuasin melihat permasalahan banjir di Boom Berlian ini adalah prioritas untuk ditangani. 
Terlebih lagi saat ini adalah saatnya musim pancaroba, hujan turun sangat lebat sekali akhir-akhir ini.
 
"Oleh karenanya, kita melakukan normalisasi, mudah-mudahan dapat mengatasi dan tidak lagi terjadinya banjir terkhususnya di Boom Berlian ini, mohon doanya agar lancar," kata Pj. Bupati.
 
Plt. Kadis PUPR Kabupaten Banyuasin Ir. Apriansyah, ST., MM mengatakan bahwa pengerukan sungai Boom Berlian dilakukan secara bertahap dan sampai saat ini terus dilakukan sampai air mengalir sempurna tidak ada sumbatan.
 
"Pengerukan lumpur ini dilakukan untuk memperlebar dan memperdalam sungai, sehingga air sungai dapat mengalir dengan lancar dan tidak meluap ke pemukiman warga," kata Apriansyah.
 
Apriansyah menambahkan, selain pengerukan lumpur, Dinas PUPR Kabupaten Banyuasin juga melakukan pembersihan sampah dan lainnya.
 
Pembersihan sampah dilakukan untuk mencegah terjadinya penyumbatan aliran sungai. Sementara itu, pembuatan talud dilakukan untuk memperkuat tepi sungai dan mencegah terjadinya longsor.
 
Apriansyah berharap, pengerukan sungai Boom Berlian ini dapat mengatasi permasalahan banjir di kawasan tersebut. 
 
Apriansyah juga mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai dan tidak membuang sampah sembarangan.
 
"Mari kita bersama-sama menjaga kebersihan sungai agar tidak terjadi banjir," kata Apriansyah.
 
Tinjauan Pj. Bupati Banyuasin di lokasi Boom Berlian ini disambut baik oleh masyarakat setempat. 
 
Masyarakat berharap, pengerukan sungai Boom Berlian dapat mengatasi permasalahan banjir yang sudah lama terjadi di kawasan tersebut.
 
"Kami sangat berterima kasih kepada Pemkab Banyuasin yang telah memperhatikan permasalahan banjir di kawasan kami. 
 
Kami berharap, pengerukan sungai ini dapat mengatasi permasalahan banjir dan tidak lagi mengganggu aktivitas masyarakat," kata salah seorang warga setempat.
 
Dengan tinjauan Pj. Bupati Banyuasin di lokasi Boom Berlian, diharapkan dapat memberikan kepastian kepada masyarakat bahwa Pemkab Banyuasin berkomitmen untuk mengatasi permasalahan banjir di kawasan tersebut. ***

Sumber: