Mengenal Ikan Pari Jawa, Ikan Laut Yang Baru-baru ini Dinyatakan Punah

Mengenal Ikan Pari Jawa, Ikan Laut Yang Baru-baru ini Dinyatakan Punah

Ikan Pari Jawa yang dinyatakan punah oleh IUCN--Instagram winnews_

PANGKALAN BALAI, HARIANBANYUASIN.COM - Kabar menyedihkan datang dari dunia fauna Indonesia, di mana ikan pari jawa yang merupakan spesies pari super langka, telah dinyatakan punah pada tanggal 11 Desember 2023 oleh Uni Internasional untuk Konservasi Alam atau IUCN (International Union for Conservation of Nature and Natural Resources).

IUCN merupakan sebuah sebuah organisasi internasional yang didedikasikan untuk konservasi sumber daya alam. Badan ini didirikan pada 1948 dan berpusat di Gland, Swiss dan bertujuan untuk membantu komunitas di seluruh dunia dalam konservasi alam.

Keberadaan ikan pari jawa dengan nama ilmiah Urolophus Javanicus ini diketahui hanya dari satu spesimen yang ditemukan di pasar Jakarta pada tahun 1982. Ikan ini merupakan ikan betina dan memiliki panjang sekitar 33 cm.

BACA JUGA:Mengenal Miracle Berry, si Buah Ajaib yang Mengubah Rasa Asam Menjadi Manis

Ikan pari jawa ini akhirnya dinyatakan punah karena sudah tidak pernah ditemui lagi sejak 150 tahun yang lalu, dan menjadi ikan laut pertama yang punah akibat ulah manusia.

Ciri dari ikan pari jawa adalah cakram sirip dada berbentuk lonjong yang lebih panjang dari lebarnya serta ekor dengan sirip punggung di depan tulang penyengat dan sirip ekornya. Tubuh bagian atas ikan pari jawa ini berwarna coklat dengan bintik-bintik yang lebih gelap dan lebih terang.

Ikan pari jawa hanya ditemui di Pulau Jawa, di perairan sekitar Jakarta. Punahnya ikan ini merupakan dampak dari kegiatan manusia, seperti penangkapan ikan secara berlebihan dan berkurangnya habitat asli.

BACA JUGA:5 Hewan Terma​hal di Dunia: Keajaiban Hidup yang Dihargai dengan Harga Tinggi

Berkurangnya habitat ikan ini disebabkan dekatnya habitat ikan pari jawa dengan populasi manusia yang merupakan wilayah industri yang tentunya memiliki dampak jangka panjang yang berakibat buruk bagi habitat ikan pari jawa ini.

Selain ikan pari jawa, ikan Indonesia lain yang juga mengalami ancaman kepunahan adalah ikan pari sungai tutul, ikan  arwana merah, ikan belida borneo, ikan belida sumatera, ikan balashark, ikan salusur maninjau, dan ikan pari gergaji lancip.

BACA JUGA:5 Jenis Ular Langka Yang Ada di Dunia, Nomor 3 Pernah Dinyatakan Punah Dua Kali

Kepunahan ikan pari jawa ini merupakan pembelajaran bagi manusia agar mulai memperhatikan alam sekitar. Sebagai manusia kita wajib untuk menjaga kelestarian alam baik flora maupun faunanya. Jangan sampai anak cucu kita hanya mendengar cerita dan melihat hewan hanya melalui foto atau video saja.*

Sumber: