Pj Bupati Banyuasin Gerak Cepat Antisipasi Banjir Pangkalan Balai, Ini Langkahnya!

Pj Bupati Banyuasin Gerak Cepat Antisipasi Banjir Pangkalan Balai, Ini Langkahnya!

Pj Bupati Banyuasin didampingi Plt. Kadis PUPR Banyuasin Apriansyah saat meninjau pengerokan sungai bom berlian Pangkalan Balai--foto : dokumen PUPR Banyuasin

PANGKALAN BALAI, HARIAN BANYUASIN.COM - Pj Bupati Banyuasin, H Hani Syopiar Rustam, gerak cepat mengantisipasi musim hujan agar banjir tak lagi merendam ibu kota Kabupaten Banyuasin, Pangkalan Balai. 

Antisipasi itu dilakukan dengan menerjunkan alat berat milik Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banyuasin untuk melakukan pengerukan aliran sungai Bom Berlian yang dangkal.

Pengerukan sungai Bom Berlian sampai saat ini terus dilakukan. Dalam proses pengerukan itu, Pj Bupati Hani Syopiar Rustam turun langsung melakukan pemantauan. 

"Saya berharap agar banjir tak lagi merendam kawasan Kota Pangkalan Balai seperti tahun lalu," kata Pj Bupati Banyuasin, Jumat 8 Desember 2023.

BACA JUGA:Hati-hati! Lobang Maut di Jembatan Soak Bara Banyuasin Incar Nyawa Pengendara Motor

Ia menyebutkan jika banjir terjadi karena sungai dangkal ditambah adanya pembangunan jalan tol. 

Kawasan Bom Berlian merupakan daerah resapan air, jika dangkal tentunya menjadi penyebab banjir di kawasan Kota Pangkalan Balai. 

"Dari informasi tokoh masyarakat kepada kami, jika Sungai ini menjadi tempat pembuangan air dari kawasan perkebunan dan permukiman warga," ujarnya. 

Ditambahkan Plt. Kepala Dinas PUPR Banyuasin Ir Apriansyah ST MM mengatakan, jika pengerukan sungai bom ini adalah intruksi langsung dari Pj Bupati Banyuasin. 

BACA JUGA:Narkotika Bernilai Ratusan Juta Rupiah Dimusnahkan, Berhasil Selamatkan 200 Ribu Jiwa

"Pengerukan ini dilakukan untuk memperdalam aliran sungai agar air bisa mengalir dengan lancar," kata Apriansyah. 

Pengerukan sungai Bom Berlian dilakukan menggunakan alat berat. Alat berat tersebut dikerahkan untuk mengeruk endapan lumpur dan sampah yang menyumbat aliran sungai.

"Diharapkan pengerukan ini akan selesai secepatnya. Dengan harapan jika hujan mengguyur dengan deras, air mengalir lancar sehingga tak jadi banjir," ujarnya. 

Selain pengerukan sungai Bom Berlian, Pj Bupati Bupati Banyuasin juga memerintahkan jajarannya untuk melakukan antisipasi banjir di kawasan lain di Kabupaten Banyuasin. 

Sumber: