Juara Dunia Junior, Alwi Farhan Torehkan Sejarah

Juara Dunia Junior, Alwi Farhan Torehkan Sejarah

Alwi Farhan saat di podium Juara WJC 2023--

AMERIKA SERIKAT, HARIANBANYUASIN.COM - Keberhasilan Alwi Farhan menjadi Juara Dunia Junior 2023 lewat World Junior Championships (WJC) 2023, sekaligus menorehkan sejarah bagi Indonesia.

Alwi, menjadi pemain Indonesia pertama yang menjuarai turnamen yang sangat bergengsi tersebut.

Ya, pemain tunggal putra itu berhasil memenangi laga di final WJC 2023 usai mengalahkan lawannya yang unggulan ke-3, Hu Zhe An.

BACA JUGA:Chiara Marvella Handoyo Runner UP WJV 2023

Dalam permainan yang ketat dan cukup sengit, Alwi Mampu tampil percaya diri dengan semangat pantang menyerah. Berkali-kali tertinggal, Alwi bisa bangkit dan menjadi kampiun setelah menggusur unggulan ketiga, Hu Zhe An (China) dengan skor 21-19, 19-21, 21-14 dalam laga selama 65 menit.

Ketika shuttlecock pengembalian Hu Zhe An jatuh keluar lapangan, akhirnya memastikan Alwi sebagai juara. Alwi pun mengakhiri dahaga lama dan menjadi wakil tunggal putra Indonesia pertama sebagai kampiun Kejuaraan Dunia Junior sejak ajang ini resmi digelar BWF tahun 1992.

“Alhamdulillah dan bersyukur saya bisa menang. Saya tidak menyangka bisa sampai di sini. Karena tahun lalu pun saya tahu betapa berat perjuangannya tampil di WJC," kata Alwi dikutip dari laman resmi PBSI.

BACA JUGA:Alwi Farhan Juara WJC 2023

"Kemenangan ini tak lepas berkat dukungan dan doa orangtua, keluarga, pelatih, rekan, dan team support hingga akhirnya saya bisa jadi juara seperti saat ini,” tambahnya.

Jalannya laga di gim pertama, Alwi sempat tertinggal jauh, 7-15. Namun, pelan tapi pasti dia pantang menyerah dan bisa mengejar hingga menyamakan skor menjadi 18-18 dan malah menutup gim pembuka dengan kemenangan 21-19.

Di gim kedua, lagi-lagi Alwi sempat tertinggal jauh 3-13. Namun, lagi-lagi dia bisa menyamakan skor menjadi 15-15. Bahkan sempat unggul 19-17. 

BACA JUGA:Rankireddy/Shetty Cetak Sejarah di Asian Games 2022

Sayang, Alwi malah kurang tenang dan gim kedua justru diraih lawan yang merebut empat poin beruntun. Alwi kalah 19-21.

Di gim ketiga, Alwi langsung in dan tidak mau kehilangan momentum. Dia terus memimpin hingga 9-3. Meski lawan sempat mengejar hingga 9-7, Alwi akhirnya bisa unggul 11-7 hingga interval gim ketiga. 

Sumber: