Kegagalan di Kejuaraan Dunia 2023: Rionny Mainaky: Indonesia Tak Capai Target

Kegagalan di Kejuaraan Dunia 2023: Rionny Mainaky: Indonesia Tak Capai Target

Kabid Binpres PP PBSI, Rionny Mainaky--

DENMARK, HARIANBANYUASIN.COM - Penampilan Indonesia di Kejuaraan Dunia 2023 yang tidak tampil maksimal, tak mampu meraih target.

Seperti yang diketahui, di Kejuraan Dunia 2023 yang digelar di Copenhagen, Denmark, Indonesia hanya mampu meraih gelar runner up dari sektor ganda putri.

Padahal, sektor ganda putri ini malah tidak ditarget bisa sampai ke final. Sementara di sektor lain yang digadang-gadang bisa meraih juara, malah 'keok'.

Kabid Binpres PP PBSI, Rionny Mainaky menyebut jika seluruh pemain sudah tampil maksimal. Sayangnya, hal itu belum cukup menghantarkan pemain-pemain Indonesia terus melaju ke babak akhir untuk jadi juara.

Dirinya menegaskan, kekalahan di sektor yang dipercaya mampu menyumbang medali harus menjadi pelajaran penting bagi pemain.

"Kegagalan ini harus menjadi pelajaran penting agar tidak gagal lagi di kejuaraan-kejuaraan penting dan event lainnya ke depan," kata Rionny. 

"Kita harus segera bersiap lagi menghadapi kejuaraan-kejuaraan selanjutnya," ucapnya.

Tentunya, perjuangan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang berhasil melaju hingga ke final Kejuaraan Dunia 2023, patut diapresiasi. Meski belum mampu meraih juara.

"Kita apresiasi perjuangan Apri/Fadia yang tidak diunggulkan di posisi atas, tetapi bisa tampil konsisten hingga maju ke final," ucapnya. 

"Harus diakui, ganda putri China itu tampil lebih baik di final. Mental Apri/Fadi memang bagus, tetapi lawan lebih baik lagi," tambahnya.

"Harus disadari tampil di kejuaraan besar seperti Kejuaraan Dunia ini, faktor mental jadi dominan dan penentu Kemenangan," katanya. 

"Mental ini tak hanya berhubungan dengan soal fighting spirit saja, tetapi juga berdampak ke segi yang lain. Kalau mental tak kuat, akan berpengaruh ke berbagai segi saat pemain bermain di lapangan," imbuhnya. 

BACA JUGA:Hasil Lengkap Pertandingan Final BWF World Championships 2023: Korea Juara Umum

"Bisa berimbas ke teknik yang dimiliki hilang. Ketrampilannya tidak muncul. Juga kelincahan dan pergerakan terasa lambat," jelasnya.

Sumber: