Wacana Pemekaran Banyuasin Timur, Ini Jawaban Bupati Banyuasin di Hadapan Masyarakat 9 Kecamatan

Wacana Pemekaran Banyuasin Timur, Ini Jawaban Bupati Banyuasin di Hadapan Masyarakat 9 Kecamatan

Bupati Banyuasin, H Askolani SH MH merespons positif dan mendukung penuh upaya mewujudkan Banyuasin Timur sebagai daerah otonomi baru.--

Tim ini diberikan tugas untuk membantu menyiapkan dan mengaji persyaratan dasar kewilayahan dan administrasi.

BACA JUGA:Dewan Presidium Kebut Proses Pemekaran Banyuasin Timur

Untuk diketahui, sejauh ini, Dewan Presidium Banyuasin Timur terus mempercepat penyelesaian penyusunan naskah akademik.

Mengingat naskah akademik ini menjadi salah satu syarat terpenting untuk meloloskan rencana pemekaran Kabupaten Banyuasin, tentunya menjadi fokus utama dewan presidium.

Wakil Ketua Dewan Presidium Banyuasin Timur, Sukardi SP MSi menjelaskan jika naskah akademik ini masih dilakukan penyusunan.

BACA JUGA:Ibukota Banyuasin Timur Belum Ditentukan, Desa Nusa Makmur atau Cinta Manis Baru?

Dia menjelaskan jika dalam penyusunan naskah akademik ini, pihaknya melibatkan akademisi yang berasal dari Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang.

"Saat ini kita masih melakukan persiapan-persiapan untuk mempercepat pemekaran. Ya, salah satunya tadi, naskah akademik," jelas Sukardi yang juga Wakil Ketua DPRD Banyuasin.

Jika naskah akademik ini rampung, maka tahap selanjutnya akan diajukan ke DPRD Banyuasin, untuk mendapatkan kesepakatan dengan eksekutif.

Jika sesuai dengan yang diharapkan, naskah akademik rampung dan eksekutif dan legislatif telah sepakat, tentunya akan ke tahap selanjutnya.

"Setelah di Kabupaten selesai, baru kita serahkan ke provinsi," bebernya.

Sejak dicetuskan wacana pemekaran Kabupaten Banyuasin, saat ini telah 9 tahun Dewan Presidium Banyuasi Timur dibentuk.

"Tentunya perjuangan ini sangat Panjang. Maka dari itu harus kita persiapkan dengan matang," imbuhnya.

Untuk diketahui, masyarakat di 9 kecamatan dalam Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan telah bertekad untuk memekarkan diri.

Ke-9 kecamatan yang akan tergabung dalam Banyuasin Timur, yakni Kecamatan Banyuasin I, Air Kumbang, Rambutan, Muara Sugihan, Muara Padang. Kemudian, Kecamatan Air Saleh, Makarti Jaya, Muara Telang dan Sumber Marga Telang. 

Sumber: