Puasa dan Takwa

Puasa dan Takwa

--

Oleh: Aslamiah

ALHAMDULILLAH, sepantasnya kita bersyukur kepada Allah karena masih diberi kesempatan bertemu kembali Bulan Ramadhan di tahun ini.

 

Tentu kita berharap Ramadhan yang dijalankan benar-benar menghantarkan ketakwaan. Sebagaimana Allah berfirman dalam Al Qur'an:

 

"Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa (TQS al-Baqarah [2]:183).

 

BACA JUGA:Ramadhan, Momentum Meningkatkan Iman dan Takwa

 

Makna firman Allah Swt "la'allakum tattaquun" yakni agar dengan puasa itu Allah Swt. mempersiapkan kamu untuk bertakwa, yaitu melaksanakan perintah-perintah dan menjauhi larangan-larangan Allah Swt. (Al-Jazairi Aysar at-Tafsir, I/80). 

 

Dengan kata lain takwa adalah kesadaran akal dan jiwa serta pengetahuan syariah atas kewajiban mengambil halal dan haram sebagai standar bagi seluruh aktivitas yang harus diamalkan dalam kehidupan.

 

Jelas, dalam kehidupan normal setiap kewajiban atau ibadah tidaklah berat shalat lima waktu yang kita kerjakan paling-paling menyita waktu lima menit dari waktu kita. 

Sumber: