Banjir Lahat: 7 Kecamatan Terendam, 5 Unit Rumah Hanyut

Banjir Lahat: 7 Kecamatan Terendam, 5 Unit Rumah Hanyut

Dampak meluapnya Sungai Lematang Kabupaten Lahat, sedikitnya 80 rumah warga terendam banjir dan dilaporkan 5 unit rumah hanyut terseret arus banjir, Kamis 9 Maret 2023.--

Kepala BPBD Kabupaten Lahat, Drs H Ali Affandi MPdi melalui staf BPBD, Gun menjelaskan jika saat ini ketinggian permukaan air Sungai Lematang sudah melewati badan jembatan.

 

"Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya resiko, jalur kita arahkan ke jalur alternatif di Kecamatan Gumay Ulu, untuk sementara waktu," katanya, Kamis 9 Maret 2023.

 

Dia menjelaskan, untuk saat ini, ratusan rumah penduduk di Kecamatan Pulau Pinang terendam banjir setinggi 2 meter.

 

"Alhamdulillah, hingga saat ini tidak ada korban jiwa," ucapnya.

 

Sementara, Camat Pulau Pinang, Aira Pulun mengaku masih banyak warga yang terjebak di rumah dan belum bisa dievakuasi karena arus sungai yang masih sangat deras.

 

"Ketinggian banjir yang merendam pemukiman warga sekitar 3-4 meter. Ada sekitar 80 unit rumah yang terendam banjir. Dan yang dilaporkan ada 5 unit rumah yang terbawa derasnya arus Sungai Lematang," bebernya.

 

Hingga pukul 13.00 WIB, proses evakuasi warga yang terjebak banjir terus dilakukan lantaran banjir sudah mulai surut.

 

"Alhamdulillah (banjir) sudah mulai surut. Kita sudah berkoordinassi dengan Dinsos untuk segera mendirikan dapur umum," kata Wakil Bupati Lahat, Heriyanto, saat meninjau kondisi banjir di Desa Lubuk Sepang.*

Sumber: berbagai sumber