Banjir Lahat: 7 Kecamatan Terendam, 5 Unit Rumah Hanyut

Banjir Lahat: 7 Kecamatan Terendam, 5 Unit Rumah Hanyut

Dampak meluapnya Sungai Lematang Kabupaten Lahat, sedikitnya 80 rumah warga terendam banjir dan dilaporkan 5 unit rumah hanyut terseret arus banjir, Kamis 9 Maret 2023.--

LAHAT, HARIANBANYUASIN.COM - Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Kabupaten Lahat, Sumsel dalam tiga hari terakhir, membuat Sungai Lematang tak mampu menampung debit air.

 

Alhasil, Sungai Lematang meluap dan mengakibatkan banjir bandang yang berdampak pada banjir. Setidaknya, ada 7 kecamatan yang terdampak banjir bandang dan juga dilaporkan ada 5 unit rumah warga yang terseret derasnya arus Sungai Lematang, Kamis 9 Maret 2023.

 

Dilansir dari palpos.id jika banjir bandang ini bukan hanya berdampak pada sejumlah pemukiman masyarakat di 7 kecamatan di wilayah Kabupaten Lahat saja yang terendam banjir.

 

Tujuh kecamatan yang terendam tersebut yakni Kecamatan Lahat, Kecamatan Lahat Selatan, Kecamatan Mulak Ulu, Kecamatan Pulau Pinang, Kecamatan Kikim, Kecamatan Mulak Sebingkai dan Kecamatan Jarai.

 

Tetapi juga membuat akses jalan penghubung Lahat-Pagaralam menjadi terrputus. Akibat, ketinggian air Sungai Lematang yang sudah melebihi jembatan.

 

Jembatan yang terendam banjir yakni Jembatan Lubuk Sepang Kecamatan Pulau Pinang dan Jembatan Tanjung Sirih. Akibat akses jembatan yang terendam, sementara akses menuju Pagaralam ditutup sementara.

 

Ditutupnnya akses jalan Lahat-Pagaralam ini, sementara masyarakat diminta untuk menggunakan jalur alternatif yakni di Kecamatan Gumay Ulu.

 

Sumber: berbagai sumber