Putri Biyuku

Putri Biyuku

Ilustrasi--

 

Raja begitu terkejut dan kecewa bahwa yang lahir adalah perempuan dan bukan laki-laki, tetapi raja tidak ingin merusak kebahagian istri dan rakyatnya.

 

Raja menyadari harus bersyukur walaupun anak yang dilahirkan istrinya tidak seperti yang diinginkannya selama ini. Raja menamai anak perempuannya Putri Biyuku.

 

Putri Biyuku artinya putri kura-kura karena pada saat putri dilahirkan muncul segerombolan ruk dan dari golongan orang miskin. Pemuda itu datang ke kerajaan untuk mengikuti sayembara.

 

Perlakuan yang sama juga didapatkan kura-kura yang sangat besar di luar istana. Kura-kura itu ikut menanti kelahiran Putri Biyuku.

 

Setelah Putri Biyuku lahir, segerombolan kura-kura itu pun pergi meninggalkan kerajaan. Setelah anaknya lahir, sikap dan perilaku raja berubah.

 

Raja itu menjadi yang adil, bijaksana, dan selalu mementingkan kemakmuran rakyatnya. Perubahan sikap raja itu disebabkan ia telah dikaruniai keturunan yang sangat cantik jelita.

 

Putri Biyuku sangat dimanja oleh kedua orangtuanya. Seiring bertambahnya waktu, Putri Biyuku tumbuh menjadi gadis remaja.

 

Sumber: