Sosialisasi Bupati Banyuasin Bank Sumsel Babel dengan IKM UMKM dan Penyerahan CSR

Sosialisasi Bupati Banyuasin Bank Sumsel Babel dengan IKM UMKM dan Penyerahan CSR

Penyerahan CSR Bank Sumsel Babel untuk pelaku usaha industri kecil menengah dan usaha mikro kecil menengah Banyuasin, Kamis (18/8).--

“Saya berharap UMKM yang ada di Banyuasin kedepan akan maju. Jika sebelumnya mereka membuat pempek menggunakan tangan atau UMKM, dengan maju selangkah menjadi IKM, mereka membuat pempek sudah menggunakan mesin, meskipun sejauh ini dalam kondisi negara yang masih berat," ujarnya.

 

Dia juga mengatakan sejauh ini melalui bantuan dari perbankan khususnya BSB, di Banyuasin sudah dikucurkan kurang lebih RP 43 miliar. Sedangkan secara keseluruhan dirinya mendapatkan bocoran akan dikucurkan dana KUR Rp 500 miliar. 

 

Untuk mendapatkan bantuan ini, menurutnya sudah dapat dilakukan transaksi dengan catatan syaratnya sudah terpenuhi. Pihaknya juga akan mempermudah perizinan.  

 

“Biasa terbentur KTP dan KK. Kita buat pelayanan dan langsung selesai. Kita berikan kemudahan aksesnya,” ungkapnya. 

 

Dia juga mengatakan untuk menumbuhkan kembangkan UMKM dan IKM, sesuai dengan yang dicanangkan pemerintah pusat untuk membelanjakan uang darah dengan produk lokal.

 

“Jadi kita akan daftarkan produk lokal. Termasuk makanan dan minuman harus produk lokal. Makanan kerajinan, kerupuk, kemplang dan lain-lain kita arahkan dapat masuk ke minimarket dalam hal ini Indomaret dan Alfamart," ujarnya.

 

Ditempat yang sama Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan, Ir Erwin Ibrahim, ST MM MBA dalam sambutannya menjelaskan tujuan diselenggarakannya silahtuhrami ini selain sebagai sarana memperat silahturahmi, koordinasi dan sinergitas antara pemerintah daerah dan pelaku industri kecil, selain itu juga untuk memaksimalkan peran pelaku usaha dalam pembangunan ekonomi di Kabupaten Banyuasin

 

"IKM merupakan aset" urainya. Untuk itu ada banyak sekali program yang telah disediakan Pemerintah yang bertujuan untuk membantu berkembangnya industri kecil dan menengah.

Sumber: