BANNER ASKOLANI 2 PERIODE HL

Kisah Seru William G. Morgan Sang Pencipta Bola Voli dan Warisannya yang Mendunia

Kisah Seru William G. Morgan Sang Pencipta Bola Voli dan Warisannya yang Mendunia

Mengungkap Sejarah: William G. Morgan, Sang Pencipta Bola Voli dan Warisannya yang Mendunia--Youtube GBSHOF1

Nama ini berasal dari permainan "badminton" karena kesamaannya dalam menggunakan net.

BACA JUGA:Hasil Japan Open 2024: 5 Wakil Indonesia Melaju ke 16 Besar, 3 Wakil Lainnya Terhenti

BACA JUGA:SEJARAH ! Gregoria Tembus semifinal Olimpiade, Samai Keberhasilan Maria Kristin di Olimpiade 2008

Pada awalnya, permainan ini dimainkan dengan net setinggi 6 kaki 6 inci (sekitar 1,98 meter) dan bola yang lebih ringan daripada bola basket.

 Pada 9 Februari 1895, di sebuah konferensi YMCA di Springfield College, Morgan memperkenalkan Mintonette kepada para peserta.

Permainan ini langsung menarik perhatian dan mendapatkan pujian karena konsepnya yang unik. Namun, nama "Mintonette" dianggap kurang pas, dan salah satu peserta konferensi, Dr. Alfred T. Halstead, mengusulkan untuk mengganti nama permainan tersebut menjadi "volleyball" atau bola voli, karena gerakan utama dalam permainan ini adalah mem-volley atau memantulkan bola di udara.

 Perkembangan dan Aturan Awal

Setelah diperkenalkan, bola voli dengan cepat menyebar ke seluruh YMCA di Amerika Serikat.

Aturan-aturan dasar permainan ini segera ditetapkan, termasuk jumlah pemain dan durasi permainan. Pada awalnya, jumlah pemain tidak dibatasi, dan permainan dimainkan hingga salah satu tim mencapai 21 poin.

 Bola yang digunakan dalam permainan juga mengalami evolusi. Pada mulanya, Morgan menggunakan bola dari bladder bola basket yang dilapisi kulit.

Namun, seiring waktu, diciptakan bola khusus untuk voli yang lebih ringan dan mudah dimainkan.

 Bola Voli Menyebar ke Seluruh Dunia

Dalam beberapa tahun setelah penemuan, bola voli menyebar ke seluruh Amerika Serikat dan kemudian ke berbagai negara di dunia.

Popularitasnya meningkat pesat, terutama di kalangan pelajar dan tentara, yang menyebarkan permainan ini ke luar negeri selama Perang Dunia I.

 Pada tahun 1947, didirikan Federasi Bola Voli Internasional (FIVB), yang menjadi badan pengatur resmi untuk olahraga ini di seluruh dunia.

Sumber: