BANNER ASKOLANI 2 PERIODE HL

Upaya Revitalisasi PDAM Tirta Betuah: Pj Bupati Banyuasin 'Gedor' Kementerian PUPR, Ini Hasilnya

Upaya Revitalisasi PDAM Tirta Betuah: Pj Bupati Banyuasin 'Gedor' Kementerian PUPR, Ini Hasilnya

Pj Bupati Banyuasin, Hani Syopiar Rustam saat audiensi di Kementerian PUPR guna menyelesaikan persoalan air bersih.--

BACA JUGA:Jelang Pilkada Serentak, Pj Bupati Banyuasin Sinkronisasi Data Pemilih di Wilayah Perbatasan

Ditambahkan Plt Dirut PDAM Tirta Betuah, Zainal Makmun menjelaskan bahwa pelayanan PDAM Tirta Betuah memiliki 18 unit pelayanan yang melayani 21 kecamatan yang ada di Kabupaten Banyuasin.

Sementara, khusus di Cabang Pangkalan Balai saat ini hanya mampu memproduksi 60 liter/detik.

Untuk solusi penyelesaian dengan cara penggantian jaringan distribusi induk dalam Kota Pangkalan Balai dengan peningkatan kapasitas pompa intake Lebung.

Kemudian, pembangunan bak penampungan air, penggantian pipa jaringan distribusi intake, dan penggantian pipa jaringan transmisi intake ke booster.

"Sebab jaringan yang saat ini dikelola PDAM Tirta Betuah merupakan peninggalan dari Kabupaten Muba," timpal Kadis PUPR Banyuasin, Apriansyah.

"Secara keseluruhan pipa yang digunakan adalah pipa dalam bentuk asbes. Dan pada tahun 2013 pernah diperbaiki sebagian pada bagian induk yang terkena jalan nasional dengan pipa pvc," bebernya.

Menanggapi hal ini, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Karya Diana Kusumastuti memuji upaya Pemkab Banyuasin yang begitu gigih bekerja demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Banyuasin. 

“Tentu langkah ini sepenuhnya akan kami dukung demi kepentingan masyarakat, ” tegasnya.

“PDAM Tirta Betuah harus ada program, agar dapat dipastikan kebutuhan yang akan dibantu dan ditujukan melalui bapak Menteri. Harus ada induk spam-nya, DED, studi kelayakan, izin menggunakan air baku, kesiapan lahan, kesiapan lembaga pengelola, surat usulan kepala daerah," 

Sumber: