Hebat ! Banyuasin Raih Penghargaan Kategori Kinerja Penghapusan Kemiskinan Ekstrem tahun 2023

Hebat ! Banyuasin Raih Penghargaan Kategori Kinerja Penghapusan Kemiskinan Ekstrem tahun 2023

Pj Bupati Banyuasin menunjukkan penghargaan yang diterima atas keberhasilan Pemkab Banyuasin dalam kinerja penghapusan kemiskinan ekstrem tahun 2023.--

BACA JUGA:Pj Bupati Banyuasin Turun Tangan Atasi Harga Sembako Tinggi, Ini Langkah Pengendalian Inflasi

Hani menambahkan bahwa kebijakan penanggulangan kemiskinan yakni kebijakan makro yang mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif.

Menjaga stabilitas makro, penciptaan lapangan kerja produktif, menjaga iklim investasi, regulasi perdagangan.

Serta mendorong produktivitas pertanian dan pengembangan infrastruktur wilayah tertinggal.

Kebijakan mikro meliputi pengurangan beban dan peningkatan pendapatan. Pengurangan beban seperti pemenuhan kebutuhan pangan, bantuan tunai bersyarat, bantuan pendidikan dan kesehatan. 

Peningkatan pendapatan seperti peningkatan akses permodalan, peningkatan kualitas produk dan akses pemasaran. Pengembangan keterampilan dan layanan usaha, pengembangan wirausahaan dan pemanfaatan dana desa.

“Agenda utama dalam percepatan penghapusan kemiskinan. Yakni memerlukan upaya multidimensi dan kolaboratif lintas sektor di tingkat pusat dan daerah berupa program-program yang berdampak pada menurunkan beban pengeluaran masyarakat miskin dan rentan miskin," bebernya.

"Peningkatan pendapatan masyarakat miskin dan rentan miskin serta mengurangi kantong-kantong kemiskinan by name by address,” terangnya.

“Agenda kedua melalui intervensi berfokus pada perbaikan akurasi penyaluran dan konvergensi program lintas sektor. Yakni OPD meliputi pendidikan, perikanan, pertanian, ketahanan pangan, UMKM, kesehatan, sosial. OPD lain yang mendukung dan pihak eksternal,” tutupnya.

Sementara, Wapres RI KH Ma’ruf Amin meminta agar semua pimpinan daerah terus berkerja lebih giat dan keras lagi dalam upaya penurunan kemiskinan ekstrem.

“Gubernur, Walikota dan Bupati yang pada kesempatan ini meraih penghargaan atas kinerjanya menurunkan kemiskinan ekstrem yang ada di wilayah masing-masing untuk meningkatkan lagi kinerjanya,” tegas Ma’ruf.

Ma’ruf memberikan semangat untuk terus memberikan yang terbaik untuk negeri.

Dan penghargaan ini bukan berarti telah puas serta berhenti memberikan sumbangsihnya dalam kepentingan negara dan bangsa.

Selain itu juga, Ma'ruf meminta pimpinan daerah terus menjalin sinergi yang kuat dengan pimpinan pusat.

Agar Indonesia terus melaju, makin maju dan menjadi terdepan di kancah Internasional.***

Sumber: