Berhasil Ciptakan Vaksin Covid-19, Dua Peneliti Ini Raih Nobel Kedokteran

Berhasil Ciptakan Vaksin Covid-19, Dua Peneliti Ini Raih Nobel Kedokteran

Katalin Kariko dan Drew Weissman meraih Nobel Kedokteran beerkaat keeberhasilan memodifikasi basa nukleosida bagi pengembangan vaksin mRNA untuk covid 19.--

PANGKALAN BALAI, HARIANBANYUASIN.COM - Berkat modifikasi basa nukleosida yang ditemukannya, Katalin Kariko dan Drew Weissman, dua peneliti dunia ini berhasil meraih Nobel Kedokteran 2023, Senin 2 Oktober 2023.

Modifikasi basa nukleosida inilah yang akhirnya dikembangkan bagi vaksin mRNA yang sangat efektif melawan Covid-19, yang melanda dunia dalam tiga tahun terakhir.

Katalin Kariko yang merupakan peneliti dari Hongaria dan Dew Weissman dari Amerika Serikat (AS) berhak membawa hadiah sebesar US$ 1 juta atau senilai 11 juta krona Swedia atau sekitar Rp15,5 miliar.

BACA JUGA:Pilihan Sehat untuk Program Dietmu: Ubi Ungu dan Ubi Kuning, Mana yang Lebih Cocok?

BACA JUGA:Tak Banyak Diketahui, Penyakit Jantung Rematik dan Deteksi Sejak Dini

“Pasangan ini telah diunggulkan sebagai pemenang, mendapat penghargaan atas penemuan mereka terkait modifikasi basa nukleosida yang memungkinkan pengembangan vaksin mRNA yang efektif untuk melawan covid-19,” demikian pernyataan juri.

“Para pemenang berkontribusi pada tingkat pengembangan vaksin yang belum pernah terjadi sebelumnya selama salah satu ancaman terbesar bagi kesehatan manusia di zaman modern,” tambah juri.*

Sumber: