Inilah Tol Terpanjang di Indonesia, Miliki Panjang 206,65 Km

Inilah Tol Terpanjang di Indonesia, Miliki Panjang 206,65 Km

--

PANGKALAN BALAI, HARIANBANYUASIN.COM – Dibangunnya jalan tol di beberapa daerah di Indonesia, memiliki yang diharapkan memperlancar lalulintas di daerah yang berkembang.

 

Namun tahukah kami, dari banyaknya jalan tol yang telah dan akan dibangun, ada ruas jalan tol di Indonesia ini yang memiliki panjang 206,65 Km. Dan jalan tol ini disebut sebagai menjadi tol terpanjang di Indonesia.

 

Ruas jalan tol yang dimaksud ada Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci). Jalan tol ini dibangun melintasi dua provinsi. Yakni Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah.

 

Nilai investasi untuk membangun ruas jalan tol ini mencapai Rp56 triliun. Dengan rincian ruas tol yang masuk wilayah Jawa Barat sepanjang 171,40 Km dan Jawa Tengah sepanjang 35,2 Km. Dengan total Panjang 206,65 Km.

 

Dikutip dari Instagram Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), progress pembangunan Jalan Tol Getaci sudah dilakukan penetapan lokasi (Penlok) di wilayah Jawa Barat.

 

Dan kemudian baru akan dilakukan penlok di Jawa Tengah. Kemuddian barulah lanjut pada proses pengadaan tanah yang akan memulai proses pembangunan jalan tol tersebut.

 

Untuk diketahui, Jalan Tol Getaci menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden No. 109/2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

 

Sumber: