Sejarah Berdirinya Kabupaten Banyuasin, Ada Andil Tokoh-tokoh Ini

Sejarah Berdirinya Kabupaten Banyuasin, Ada Andil Tokoh-tokoh Ini

Gerbang pintu masuk kawasan Perkantoran Pemkab Banyuasin yang menjadi landmark ibukota, Kamis 5 Januari 2023--

PANGKALAN BALAI, HARIANBANYUASIN.COM – Kabupaten Banyuasin merupakan kabupaten yang berdiri dari hasil pemekaran Kabupaten Musi Banyuasin (induk).

 

Sejarah berdirinya Kabupaten Banyuasin ini sangat panjang dan alot, hingga di tanggal 2 Juli 2002 diresmikan Menteri Dalam Negeri RI pada tanggal 2 Juli 2002, dengan ibu kota di Pangkalan  Balai.

 

Sejak diresmikan pada 2 Juli 2002, memang Kabupaten Banyuasin merayakannya Hari Jadinya ditanggal tersebut. Namun setelah sejarah kembali diurut, kini setiap tanggal 10 April.

 

Jika melihat ke belakang, Kabupaten Banyuasin berdiri tak terlepas dari perjuangan sejumlah tokoh. Siapa saja tokoh tersebut? 

 

Terbentuknya Kabupaten Banyuasin yang kini ibukotanya berada di Kota Pangkalan Balai, jauh sebelumnya merupakan wilayah Musi Banyuassin. Yang merupakan gabungan dari dua eks Kawedanan.

 

Yakni Kaweedanan Musi Ilir berpusaat di Kota Sekayu dan wilayah Kawedanan Banyuasin berpusat di Pangakalan Balai. Sementara, untuk ibukota sementara pada waktu itu di Kota Palembang.

 

Kabupaten Musi Banyuasin dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 4 tahun 1956 junto Nomor 28 tahun 1959.

 

Sumber: bapenda.banyuasinkab.go.id