Gerkatin Akui Gubernur Herman Deru Sebagai Kepala Daerah Peduli Bahasa Isyarat

Gerkatin Akui Gubernur Herman Deru Sebagai Kepala Daerah Peduli Bahasa Isyarat

--

Adapun peringatan HBII kali ini berbarengan dengan hari pekan tuli yang diperingati pada 25 September. 

 

"Tidak banyak yang ingin Saya sampaikan karena Saya sedikit gugup dan malu. Namun kami sangat berterimakasih karena Pak Gubernur sudah sangat ramah dengan teman-teman tuli di Sumsel," jelasnya. 

 

Sementara itu Gubernur Sumsel H. Herman Deru dalam sambutannya mengatakan bangga dengan upaya perorangan maupun institusi yang mensetarakan teman tuli dan teman dengar. 

 

Sebagai Kepala Daerah Iapun mengapresiasi Gerkatin yang telah menumbuhkan kepercayaan bagi semua institusi  dan perorangan di Sumsel untuk terus mensosialsiasikan bahasa isyarat. 

 

"Dengan peringatan ini kita disadarkan bahwa banyak sekali saudara kaum difabel  yang butuh layanan yang setara dengan seluruh masyarakat lain ditempat umum. Seperti tangga khusus, dan lainnya di tempat-tempat pelayanan," jelasnya. 

 

Yang tak kalah menarik kata Gubernur Herman Deru, adalah saat melihat kategori-kategori penghargaan yang diberikan Gerkatin baik kepada individu maupun institusi.

 

Dengan inspirasi yang ditunjukkan para peraih penghargaan, diharapkannya dapat menjadi pemantik bagi maayarakat lain untuk memperbanyak masyarakat non tuli yang dapat berbahasa isyarat. 

 

"Selama ini kita abai sehingga ini tumbuh alamiah saja. Padahal dulu di setiap tayangan berita di televisi menyajikan juga bahasa isyarat dan sempat redup," katanya.

Sumber: