Hadiri Rakernas Dekranas, Feby Deru Upayakan Angkat Wastra Tenun dan Batik Khas Sumsel

Hadiri Rakernas Dekranas, Feby Deru Upayakan Angkat Wastra Tenun dan Batik Khas Sumsel

--

Jika sebelumnya kain tenun angkinan yang diangkat, lanjut Feby maka untuk berikutnya wastra Sumsel lain yang akan diangkat adalah batik Sumsel motif sisik ikan dan motif durian.

 

"Selama ini kita (Sumsel) dikenal luas dengan kain songket, padahal masih banyak kain-kain khas lain yang unik," katanya.

 

"Bisa jadi kain tersebut mungkin hampir serupa, namun tetap ada ciri khas yang bisa ditonjolkan, dapat menjadi penanda wastra tersebut berasal," tambahnya.

 

Selain bantuan berupa pelatihan bagi para perajin, upaya lain yang dilakukan adalah dengan melibatkan para perajin dalam pameran Kriya Nusa 2022.

 

Sehingga diharapkan mampu meningkatkan perluasan pasar.

 

Sebelumnya, dalam sambutan saat membuka Rakernas Dekranas 2022, Wury Ma'ruf Amin menyampaikan agar dari Rakernas yang diselenggarakan pada hari ini dapat menyusun program-program yang mampu mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi para pelaku UMKM dan perajin.

 

"Bagaimana para Ketua Dekranasda dapat mewujudkan peningkatan daya saing produk kriya dan kesejahteraan perajinnya,” kata istri Wakil Presiden itu.

 

Lebih jauh, Wury selaku Ketua Umum Dekranas menggarisbawahi, dalam merumuskan solusi, hendaknya didukung dengan terobosan dan ide kreatif untuk meningkatkan daya saing.

Sumber: