Waspada Saat Melakukan Aktivitas di Aliran Sungai Khusunya Warga Luar

Waspada Saat Melakukan Aktivitas di Aliran Sungai Khusunya Warga Luar

--

PULAU RIMAU, harianbanyuasin.com - Kerap menimbulkan korban akibat keganasan buaya muara, yang terdapat hampir di semua aliran sungai Desa-desa di Kecamatan Pulau Rimau. Camat Pulau Rimau Drs. Sutarman M.Si himbau masyarakat untuk selalu waspada saat melakukan aktivitas sehari-hari, Selasa (20/9/22).

 

Karena menurut Camat Suratman keberadaan Desa-desa di Kecamatan Pulau Rimau rata-rata berada di aliran sungai, dimana seingatnya sejak dia menjabat sebagai Camat disana sudah beberapa kali masyarakat terjadi koran dari buaya-buaya yang ada disana.

 

Sementara terbaru yakni dialami Ketua RT 01 Dusun 1 Desa teluk Betung Kecamatan Pulau Rimau Kabupaten Banyuasin, yang hilang pada Minggu (18/9/23) sekitar pukul 17.30 WIB dengan proses pencarian selama dua hari akhirnya hari ini ditemukan, dengan kondisi jenazah masih untuk dan memang benar ada bekas dari buaya, terangnya.

 

"Karena hampir semua desa yang ada berada disepanjang aliran sungai, kepada masyarakat Kecamatan Pulau Rimau dihimbau untuk selalu waspada pada saat melakukan aktivitas di sepajang aliran sungai, karena memang sebagian masyarakat masih banyak yang beraktivitas sehari-hari melalui jalur sungai, namun untuk itulah kiranya agar selalu hati-hati," ungkapnya.

 

Kepada masyarakat luar yang juga sering datang untuk memancing ikan dan sebagainya, dia juga berpesan agar jangan sembarangan tempat untuk memancing. Karena belum tahu ada reptil yang berbahaya sedang bersembunyi dan mengancam nyawa, sambungnya.

 

Masyarakat sebenarnya berharap pihak pihak BKPSDA dapat melakukan upaya penangkapan atau pencegahan, agar populasi buaya yang ada dapat berkurang karena kalau masyarakat yang bertindak takut salah karena hewan itu termasuk hewan yang dilindungi, harapnya. (son)

Sumber: