Inovasi TP-PPK Banyuasin II, Ampas Kelapa Diolah Jadi Tepung

Inovasi TP-PPK Banyuasin II, Ampas Kelapa Diolah Jadi Tepung

Ketua TP PKK Banyuasin II dan Camat Banyuasin II Salinan saat mengenalkan tepung dari bahan ampas kelapa, Kamis (18/8).--

PANGKALAN BALAI, harianbanyuasin.com - TP PKK Kecamatan Banyuasin II, mengenalkan tepung dari bahan baku kelapa pada Festival pangan lokal dan diskusi singkronisasi program petani bangkit yang digelar di Graha Sedulang Setudung, Kamis (18/8/2022).

 

Inovasi tepung kelapa ini dapat diolah menjadi makanan bergizi seperti pempek udang, brownis kukus dan makanan pengganti gandum.

 

Ketua TP PKK Banyuasin II Masdianawati mengatakan, dalam pengolahan tepung dari ampas kelapa ini masih dilakukan secara manual.

 

Hal ini katanya, termasuk inovasi lantaran memanfaatkan limbah dari ampas kelapa yang dapat diolah menjadi makanan bergizi.

 

"Di Banyuasin II ada beberapa desa penghasil buah kelapa. Untuk santannya itu biasanya dibuat untuk minyak CPO, sementara ampasnya dibuang," ujarnya.

 

Nah, dari itu sambungnya, terpikirlah, bagaimana mengola ampas kelapa ini supaya dapat dijadikan bahan bernilai ekonomis.

 

"Jadi kita buat tepung dan dari tepung itu kita olah menjadi pempek udang serta brownis hasilnya tidak mengecewakan enak dan lezat," ujarnya.

 

Sumber: