Benda Pusaka Dicuci Minyak Ular

Benda Pusaka Dicuci Minyak Ular

Sementara Kepala Desa Rantau Bayur Heru Julian Pranata mengatakan, sedekah dusun merupakan bentuk syukur kepada tuhan yang maha kuasa atas nikmat yang telah diberikan.

 

"Kami juga mendoakan Puyang kami yakni Puyang Kopang yang sangat berjasa dalam penyebaran agama Islam di Rantau Bayur," ujarnya.

 

Katanya tujuan sedekah tersebut mengajak masyarakat agar selalu mengingat akan perjuangan alm Puyang Kopang dalam menyiarkan kebaikan dikala itu.

 

“Kita harap desa kita selalu berkah, aman damai dijauhkan segala balak mara bahaya dan dinerikan rezeki melimpah," doanya.

 

Sementara itu, Anggota DPRD Banyuasin, Endang Sari mengatakan momen tahun baru Islam sebagai ajang introspeksi diri untuk menjadi lebih lagi dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

 

“Kegiatan sedekah dusun di Rumah Bari atau Rumah lama itu merupakan ajang silaturahmi antar masyarakat, dan di momen tahun baru Islam ini merupakan ajang introspeksi diri kita untuk menjadi lebih baik lagi kedepan," katanya.

 

Untuk diketahui, Rumah Bari Puyang Kopang sudah berumur ratusan tahun terletak di Desa Rantau Bayur. Rumah ini dijaga oleh juru kunci bernama Ujang Muslim.

 

Puyang Kopang disebut punya karomah dan termasuk penyebar Islam di kawasan pesisir Sungai Musi. (ron)

Sumber: