Guncangan Dahsyat, 3 Meteor Raksasa yang Menghantam Bumi dan Mengubah Sejarah!

Senin 02-09-2024,12:39 WIB
Reporter : Najwa
Editor : Seffa

BACA JUGA:5 Cara Tumbuhan Berkembang Biak Secara Vegetatif Alami

BACA JUGA:5 Planet Paling Keren di Semesta, Keindahan Alam yang Bikin Takjub !

2. Meteor Tunguska


--

Pada 30 Juni 1908, sebuah meteor meledak di atas wilayah terpencil di dekat Sungai Tunguska, Siberia.

Meski tidak meninggalkan kawah, ledakan yang dihasilkan dari meteor ini memiliki kekuatan luar biasa, diperkirakan setara dengan 10-15 megaton TNT, atau sekitar 1.000 kali lebih kuat dari bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima.

Ledakan ini menghancurkan lebih dari 2.000 kilometer persegi hutan dan meratakan sekitar 80 juta pohon.

Meteor Tunguska diperkirakan berdiameter sekitar 50 hingga 100 meter.

Meskipun tidak ada korban jiwa yang tercatat karena daerah tersebut jarang dihuni, kejadian ini tetap menjadi salah satu misteri terbesar dalam sejarah astronomi dan geologi.

Hingga kini, para ilmuwan terus mempelajari fenomena ini untuk memahami lebih dalam tentang bahaya objek luar angkasa yang mendekati Bumi.

3. Meteor Hoba


--

Meteor Hoba, yang ditemukan di Namibia pada tahun 1920, adalah meteor terbesar yang diketahui manusia berdasarkan ukuran fisiknya.

Dengan berat sekitar 60 ton, meteor ini merupakan bongkahan besi yang sangat besar dengan panjang sekitar 2,7 meter dan lebar 2,7 meter.

Uniknya, Meteor Hoba tidak meninggalkan kawah, yang menunjukkan bahwa ia mungkin jatuh ke Bumi dengan kecepatan yang relatif rendah, atau terletak cukup dangkal sehingga tidak menghasilkan dampak besar.

Meteor ini diperkirakan jatuh ke Bumi sekitar 80.000 tahun lalu, dan meskipun tidak menimbulkan kerusakan besar, ia tetap menjadi salah satu objek luar angkasa paling signifikan yang ditemukan di Bumi.

Kategori :