Geruduk DPMD, Forum Kades se-Sumsel Minta Gubernur Sumsel Lakukan Ini!

Geruduk DPMD, Forum Kades se-Sumsel Minta Gubernur Sumsel Lakukan Ini!

Ratusan kepala desa yang tergabung dalam Forum Kades se-Sumsel saat mendatangi Kantor DPMD Provinsi Sumsel, Senin 22 Mei 2023.--

PANGKALAN BALAI, HARIANBANYUASIN.COM - Belum adanya tindakan terhadap oknum pengusaha asal Palembang berinisial EM yang melakukan pengancaman dan penghinaan kepada Kades Perambahan Baru Kecamatan Banyuasin I, Banyuasin membuat ratusan Kades gerah.

 

Tak ingin kasus ini terus berlarut-larut dan menjadi gunung es, ratusan kades yang ttergabuung dalam Forum Kepala Desa se-Sumsel mendesak Gubernur Sumse, H Herman Deru untuk ikut bertindak terhadap kasus penghinaan kepada profesi Kepala Desa.

 

BACA JUGA:Ini Buntut Video Viral Hina dan Tantang Kades, Ratusan Kades di Sumsel Ini Datangi Polda Sumsel, Ada Apa?

 

Hal itu ditegaskan Kades Perambahan Baru, Muhammad Basri saat diterima mediasi di Kantor DPMD Provinsi Sumsel, Senin 22 Mei 2023, yang diterima langsung Kepala DPMD Sumsel, HM Senen Har.

 

Basri menegaskan jika permasalahan sengketa kepemilikan lahan yang diklaim oleh EM tidak lagi murni sebagai sengketa kepemilikan, melainkan sudah menjurus pada tidakan pidana. Bukan hanya pengerusakan rumah pribadinya Oktober 2020 silam. Tetapi juga sudah pada pengancaman dan penghinaan terhadap profesi Kades.

 

BACA JUGA:Kades di Banyuasin Ini Ngadu ke Propam Polda Sumsel, Ini Kasus yang Dilaporkannya

 

"Pencemaran nama baik, penghinaan niat ingin membunuh kades itu terjadi. Ternyata hukum tidak berpihak pada desa yang bersangkutan. Ini sudah sangat luar biasa, ketika masyarakat diinjak-injak apalagi menghina kades, diinjak-injak. Pemerintah tidak terpanggil, itu sangat luar biasa bagi saya sebagai kades. Apa gunanya kita di SK-kan oleh Bupati,"ungkap Basri, di hadapan ratusan Kades lainnya.

 

Sumber: