BANNER ASKOLANI 2 PERIODE HL

Ilmu Marketing Dari 1.0 Sampai 4.0, Apa Sih Bedanya?

Ilmu Marketing Dari 1.0 Sampai 4.0, Apa Sih Bedanya?

Evolusi Pemasaran: Inilah Perbedaan Marketing 1.0, 2.0, 3.0, dan 4.0--Youtube BinarMedia Technology

BACA JUGA:Pedagang atau Pebisnis ? Yuk, Cari Tahu Kamu Masuk Tim Mana !

BACA JUGA:5 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Pebisnis Pemula, Hindari Agar Bisnis Tetap Berjalan Lancar

Fokus utama pada produk.

Strategi pemasaran bersifat satu arah.

Konsumen dilihat sebagai kelompok yang homogen.

Marketing 2.0

Memasuki era Marketing 2.0, fokus bergeser dari produk ke konsumen.

Di era ini, perusahaan mulai memahami bahwa tidak semua konsumen sama dan mereka memiliki kebutuhan serta preferensi yang berbeda.

Oleh karena itu, strategi pemasaran menjadi lebih personal dan berorientasi pada kepuasan pelanggan.

Perusahaan mulai menggunakan riset pasar untuk memahami kebutuhan, keinginan, dan perilaku konsumen.

Segmentasi pasar menjadi penting, karena memungkinkan perusahaan untuk menargetkan kelompok konsumen tertentu dengan pesan pemasaran yang lebih relevan.

Di era ini, konsumen mulai memiliki suara dalam proses pemasaran, meskipun komunikasi masih sebagian besar dilakukan secara satu arah.

Ciri Khas Marketing 2.0:

Fokus pada konsumen dan kebutuhan mereka.

Penggunaan riset pasar dan segmentasi.

Sumber: