3 Negara Penghasil Durian Terbesar di Dunia, Apakah Indonesia Termasuk?

3 Negara Penghasil Durian Terbesar di Dunia, Apakah Indonesia Termasuk?

Negara Penghasil Durian Terbesar di Dunia--Instagram gooddurian.id

Menurut Statista, volume ekspor durian Indonesia ke Malaysia pada tahun 2020 mencapai 94 ton, membuatnya menjadi salah satu produsen durian terkemuka di dunia. 

Meski terdapat kendala pasokan akibat sifat buah yang musiman, upaya pertanian lokal dan ekspor meningkat, memproyeksikan peningkatan produksi dan ekspor durian Indonesia.

Kendala utama terhadap meningkatnya permintaan durian di Indonesia adalah terbatasnya pasokan. 

Namun, produsen telah menemukan solusi dengan menanam berbagai varietas durian, memastikan produksi yang konsisten sepanjang tahun. 

Meskipun pandemi COVID-19 memengaruhi sektor pertanian pada tahun 2020, nilai ekspor durian segar dari Indonesia mencapai US$232 ribu, menunjukkan potensi pertumbuhan yang signifikan.

Dengan terus meningkatnya popularitas durian di pasar global, Thailand, Malaysia, dan Indonesia terus bersaing untuk memimpin dalam produksi dan ekspor durian. 

Meskipun masing-masing negara memiliki keunggulannya sendiri, satu hal yang pasti: durian bukan sekadar buah, tetapi telah menjadi fenomena global yang memikat seluruh dunia dengan rasa unik dan daya tariknya yang tak terbantahkan.*

Sumber: linkedin