7 Hewan di Dunia yang Memiliki Mata Lebih Dari Sepasang, Nomor 3 Hewan Asli Indonesia

7 Hewan di Dunia yang Memiliki Mata Lebih Dari Sepasang, Nomor 3 Hewan Asli Indonesia

Komodo menjadi hewan yang unik yang hidup di Indonesia.--

4. Serangga Mantodea

Hewan yang memiliki mata lebih dari sepasang selanjutnya adalah serangga Mantodea. Hewan ini bentuknya seperti belalang sembah. 

Mata utamanya berada di depan kepala yang berfungsi untuk melacak mangsa. Namun, mereka juga memiliki mata sisi yang membantu mereka mendeteksi gerakan di sekitar mereka.

Kemampuan mata ganda ini membuat mereka pemburu yang sangat efisien.

5. Ikan Cacing Mata-Hitam

Hewan yang hidup di air ini menjadi salah satu hewan dengan mata yang lebih dari sepasang. Ikan cacing mata hitam memiliki dua mata besar di bagian depan kepala.

sejumlah kecil mata yang tersebar di sekitar tubuh mereka. Mata utama mereka beradaptasi dengan hidup di dalam gua dan membantu mereka mendeteksi mangsanya di lingkungan yang gelap.

6. Kalajengking 

Kalajengking memiliki dua jenis mata: mata utama (principal eyes) dan mata samping (secondary eyes).

Mata utama terletak di bagian depan kepala dan digunakan untuk mendeteksi cahaya dan gerakan. Mata ini lebih besar dan lebih jelas dibandingkan dengan mata samping.

Selain itu, kalajengking juga memiliki beberapa mata samping yang disebut ocelli atau mata lateral.

Mata-mata ini terletak di sepanjang sisi kepala dan membantu kalajengking dalam mendeteksi perubahan cahaya di sekitarnya.

Meskipun mata samping ini tidak sejelas mata utama, mereka masih berperan dalam membantu kalajengking merasakan lingkungan sekitarnya.

7. Kepiting Tapal Kuda

Kepiting tapal kuda, juga dikenal sebagai kepiting pelaut, biasanya memiliki dua mata utama yang disebut dengan mata kompoun.

Sumber: